Erick Thohir Angkat Abdee Slank, Arya Sinulingga, hingga Bambang Brodjo jadi Komisaris BUMN Telkom

29 Mei 2021 06:05 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

RUPS BUMN PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk / Dok. Telkom

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak jajaran komisaris dan direksi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM). Keputusan itu diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar perseroan pada Jumat, 28 Mei 2021.

Langkah yang diambil Erick tersebut cukup menghebohkan masyarakat. Pasalnya, ia menunjuk gitaris band papan atas Indonesia, Abdi Negara Nurdin alias Abdee “Slank” menjadi Komisaris Independen Telkom, bersama Bono Daru Adji.

Selain itu, Erick juga menujuk staf khususnya, Arya Sinulingga dan Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata sebagai komisaris perseroan.

Yang tak kalah menghebohkan, mantan Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Komisaris Bukalapak, Bambang Brodjonegoro juga diangkat menjadi Komisaris Utama Telkom.

Nama-nama tersebut menggantikan posisi Rhenald Kasali yang sebelumnya menjabat posisi Komisaris Utama Telkom, Marsudi Wahyu Kisworo dan Chandra Arie Setiawan sebagai Komisaris Independen, serta Alex Denni dan Ahmad Fikri Assegaf dari posisi Komisaris.

Pada jajaran direksi, Erick hanya melakukan perombakan pada posisi Direktur Wholesale & International Service Telkom Indonesia. Di jabatan itu, Bogi Witjaksono ditunjuk menggantikan Dian Rachmawan.

“Atas peran dan kontribusi anggota direksi yang telah berakhir masa jabatannya, kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya. Kami berharap nilai-nilai positif yang telah dibangun dapat terus terpelihara dan dikembangkan untuk kemajuan perseroan,” kata Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam keterangan resmi.

Pengumuman ini direspons negatif oleh pelaku pasar modal. Harga saham TLKM langsung merosot 3,25% ke level Rp3.270 per lembar pada akhir sesi perdagangan Jumat, 28 Mei 2021. Kapitalisasi tercatat mencapai Rp323,93 triliun.

Padahal, perseroan baru saja mengumumkan pembagian dividen jumbo hingga Rp16,64 triliun. Pada kesempatan yang sama, anak usaha Telkom yaitu PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel juga baru saja resmi menjadi operator pertama yang menjalankan jaringan 5G di Tanah Air. (SKO)

Berikut jajaran pengurus Telkom Indonesia 2021:
Peluncuran jaringan 5G Telkomsel / Dok. Telkomsel

Komisaris
Komisaris Utama/Komisaris Independen: Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro
Komisaris Independen: Wawan Irawan
Komisaris Independen: Bono Daru Adji
Komisaris Independen: Abdi Negara Nurdin
Komisaris: Marcelino Pandin
Komisaris: Ismail
Komisaris: Rizal Mallarangeng
Komisaris: Isa Rachmatarwata
Komisaris: Arya Mahendra Sinulingga

Direksi
Direktur Utama: Ririek Adriansyah
Direktur Keuangan dan Risiko: Heri Supriadi
Direktur Consumer Service: FM Venusiana R
Direktur Network & IT Solution: Herlan Wijanarko
Direktur Digital Business: Muhammad Fajrin Rasyid
Direktur Strategic Portfolio: Budi Setiawan Wijaya
Direktur Wholesale & International Service: Bogi Witjaksono
Direktur Human Capital Management: Afriwandi
Direktur Enterprise & Business Service: Edi Witjara

 

Berita Terkait