Energi Mega Persada Menangkan Lelang Blok South CPP Senilai Rp193,82 Miliar

04 September 2021 12:07 WIB

Penulis: Reza Pahlevi

Editor: Amirudin Zuhri

PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) (emp.id)

JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah menetapkan PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) sebagai pemenang lelang wilayah kerja minyak dan gas bumi (WK migas) South CPP dalam penawaran langsung WK migas tahap 1 tahun 2021.

Perusahaan migas Grup Bakrie tersebut memenangkan komitmen pasti tiga tahun pertama yang ditawarkan pada proposal lelang berupa Studi G&G, Seismik 2D 500 kilometer, seismik 3D 50 km, dan 1 sumur eksploitasi, dengan total nilai sebesar US$13.600.000 atau setara Rp193,82 miliar (asumsi kurs Rp14.251 per dolar AS).

“Selamat kepada pemenang WK South CPP, PT Energi Mega Persada. Pemenang lelang telah menawarkan bonus tanda tangan sebesar US$500,000 dan tiga tahun komitmen pasti dengan total nilai sebesar US$13,6 juta,” ujar Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji dalam keterangannya dikutip Sabtu, 4 September 2021.

Dalam penawaran yang sama, Kementerian ESDM juga menetapkan perusahaan migas asal Kanada, Husky Energy International Corporation, sebagai pemenang lelang WK migas Liman.

Husky Energy memenangkan komitmen pasti 3 tahun pertama berupa Studi G&G dan seismik 2D 400 km dengan total nilai sebesar US$6,7 juta dengan bonus tanda tangan sebesar US$200.000.

"Selamat kepada para pemenang lelang, saya harap hal ini dapat memberikan sinyal yang positif bagi investasi hulu migas Indonesia di tengah tantangan kondisi global saat ini," ujar Tutuka.

Sementara itu, PT Pertamina (Persero) akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan hak partisipasi sebesar 15% baik untuk WK South CPP maupun WK Liman.

“Dalam kaitannya dengan privilege Pertamina di bisnis hulu migas, Pertamina akan memiliki hak untuk penawaran 15 persen hak partisipasi sejalan dengan proficient dan procedure yang ada di dokumen lelang WK South CPP dan Liman,” jelas Tutuka.

Ada total 4 WK yang ditawarkan dalam lelang proyek ini. Selain South CPP dan Liman, ada juga WK Sumbagsel dan Rangkas yang belum dapat pemenang lelang. Kedua WK ini dapat dievaluasi untuk ditawarkan kembali pada kesempatan lelang berikutnya, maupun terbuka untuk diusulkan sebagai wilayah studi bersama.

Saat ini, masih berjalan juga Lelang Reguler WK Migas Tahap I 2021 yang terdiri dari 2 WK, yaitu WK Merangin II dan Norrth Kangean. 

Jadwal akses Dokumen Lelang masih dibuka sampai dengan 12 Oktober 2021, sedangkan pemasukan Dokumen Partisipasi pada 12-14 Oktober 2021.

Berita Terkait