Enam Orang Indonesia Terkaya Versi Bloomberg

TrenAsia (TA) - JAKARTA. Bloomberg Billionaires Index memasukkan enam orang Indonesia dalam daftar 500 orang terkaya di dunia yang terbaru. Dua orang di antaranya berhasil masuk dalam daftar Top 100. 

Bloomberg secara rutin mengupdate daftar orang-orang terkaya di dunia. Data Bloomberg Billionaires Index per 2 Desember 2018 menunjukkan, Budi Hartono pendiri Grup Djarum menduduki ranking ke-81 orang paling tajir di dunia dengan total kekayaan mencapai US$ 13,6 miliar. 

Bloomberg mencatat, jumlah kekayaan Budi Hartono telah bertambah sebesar US$ 706 juta bila dibandingkan dengan posisi akhir tahun 2017 atau year to date (ytd).  

Kakaknya Michael Hartono menduduki peringkat ke-97 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai US$ 12,8 miliar. Jumlah kekayaan Michael Hartono tumbuh US$ 395 juta secara ytd. 

Selain Djarum, Budi Hartono dan Michael Hartono juga menjadi pemegang saham terbesar dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Keduanya juga memiliki bisnis lain yang terdiversifikasi di antaranya perkebungan kelapa sawit seluas 65.000 hektare (ha) di Kalimantan Barat serta sejumlah properti di antaranya Grand Indonesia. Mereka juga tercatat sebagai pemilik perusahaan elektronik Polytron dan perusahaan e-commerce Blibli.com. 

Konglomerat Indonesia lainnya yang masuk dalam daftar 500 orang terkaya di dunia adalah Tan Sjiok Tjien, Eka Widjaja, Prakash Lohia, dan Anthoni Salim. Di antara enam orang Indonesia terkaya versi Bloomberg, Eka Widjaja mencatat lonjakan harga tertinggi yakni US$ 1,18 miliar secara ytd.

Namun tak semuanya meraih pertumbuhan harta selama tahun ini. Dua orang di antaranya, yakni Tan Siok Tjien mencatat penurunan harta US$ 833 juta secara ytd dan Anthoni Salim turun US$ 156 juta secara ytd.  

Di urutan teratas Bloomberg Billionaires Index masih diduduki oleh orang Amerika Serikat yakni Jeff Bezos di urutan pertama senilai US$ 140 miliar, Bill Gates di urutan kedua senilai US$ 96,1 miliar dan Warren Buffett di urutan ketiga senilai US$ 89,6 miliar. 

Berikut ini daftar enam orang terkaya Indonesia versi Bloomberg Billionaires Index per 2 Desember 2018:

1. Budi Hartono US$ 13,6 miliar

2. Michael Hartono US$ 12,8 miliar

3. Tan Siok Tjien US$ 9,93 miliar

4. Eka Widjaja US$ 9,24 miliar

5. Prakash Lohia US$ 6,73 miliar

6. Anthoni Salim 4,01 miliar

(Hidayat, SN)