Emtek Rampung Jual Seluruh Saham RS Omni Senilai Rp1,35 Triliun

04 Agustus 2021 17:31 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Amirudin Zuhri

JAKARTA – PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) telah menyelesaikan penjualan seluruh saham PT Elang Medika Corpora (EMC) kepada PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) yang juga merupakan anak usaha emiten berkode saham EMTK tersebut.

Corporate Secretary Emtek, Titi Maria Rusli mengatakan, transaksi ini telah disetujui oleh para pemegang saham EMC sebagaimana tertuang dalam Akta Pernyataan Keputusan Pemegang Saham EMC Nomor 2 dan Akta Jual Beli Saham antara EMTK dan SAME Nomor 1 pada 2 Agustus 2021.

Titi juga menjelaskan, saham yang ditransaksikan sebanyak 1.254.899 lembar saham dengan total nilai nominal sebesar Rp1,25 triliun. Adapun nilai transaksi dalam aksi korporasi tersebut sebesar Rp1,35 triliun.

“Penilai independent KJPP Firman, Suryantoro, Sugeng, Suzy, Hartono dan Rekan yang menyatakan bahwa rencana transaksi adalah wajar,” ujarnya melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu, 4 Agustus 2021.

Setelah transaksi ini diselesaikan, lanjut dia, SAME saat ini memiliki persentase kepemilikan saham sebesar 99,99% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor dalam EMC sekaligus menjadi pengendali RS Omni. 

Sebelumnya, SAME telah menggelar penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) alias rights issue dengan target pendanaan Rp2,5 triliun. Sebagian dana dari hasil aksi korporasi ini lah yang digunakan perseroan untuk mengakuisisi EMC.

Emtek dan EMC diketahui telah menandatangani perjanjian pinjaman pada 9 Maret 2020 dan amendemen atas perjanjian pinjaman pada 30 September 2020. EMC sendiri merupakan perusahaan yang 99,99% sahamnya dimiliki oleh Emtek.

Berita Terkait