Emtek dan Grup Anthoni Salim Jajaki Peluang Kerja Sama Ekosistem Digital

12 Agustus 2021 17:16 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Laila Ramdhini

JAKARTA – Emiten teknologi dan media terintegrasi, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) alias Emtek mengumumkan penjajakan peluang kerja sama dengan Grup Anthoni Salim di bidang ekosistem digital.

Kolaborasi ini diharapkan bisa menimbulkan sinergi sekaligus pertumbuhan bagi kedua entitas grup tersebut. Grup Anthoni Salim diklaim memiliki infrastruktur teknologi tersebar di Indonesia. Dengan begitu, diharapkan dapat mendukung platform teknologi milik Grup Emtek.

Perwakilan Grup Anthoni Salim, Axton Salim, mengaku yakin atas dampak positif yang akan tercipta dari potensi kolaborasi ini. Hal ini juga diharapkan dapat mendorong perkembangan usaha kedua grup tersebut.

“Kami melihat ekspansi usaha digital di ekosistem Emtek yang sangat pesat dan yakin bahwa dengan potensi kolaborasi strategis ini akan memberikan dampak positif untuk kedua grup ke depannya,” ujar dia melalui keterangan pers yang diterima TrenAsia.com, Kamis, 12 Agustus 2021.

Menurut dia, grup Anthoni Salim memiliki berbagai usaha yang menjadi pemimpin pasar domestik maupun internasional. Sedangkan, Grup Emtek adalah salah satu grup media dengan transformasi bisnis yang agresif, terutama dalam mengembangkan berbagai platform digital.

Selain bidang teknologi, Grup Emtek memiliki lini bisnis media dan hiburan yang mengelola berbagai platform media serta memproduksi konten-konten untuk masyarakat. Di samping itu, Emtek turut mengembangkan medianya di platform digital.

Sebagai contoh, Vidio.com sebagai platform OTT dan KLY yang menghasilkan lebih dari 1,5 miliar halaman per bulannya dari berbagai portal dalam naungannya. Hal ini menunjukkan kemampuan Grup Emtek dalam mendominasi bisnis media di era teknologi.

Tak sampai disitu, Grup milik konglomerat Eddy Kusnadi Sariatmadja ini berinvestasi pada e-commerce unicorn Bukalapak yang baru saja melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan raksasa digital lokal ini mememiliki 100 juta pengguna dengan 7 juta mitra.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Grup Emtek Alvin Sariaatmadja menyebut Grup Anthoni Salim merupakan salah satu pemegang saham yang mendukung upaya pengembangan Emtek sejak awal.

Alvin juga mengaku beruntung memiliki mitra yang merupakan salah satu grup yang paling berhasil dalam mengembangkan berbagai bidang usahanya menjadi salah satu pemain besar di kancah internasional.

Menurutnya, dukungan dari ekosistem teknologi dan digital yang dimiliki oleh Grup Anthoni Salim akan meningkatkan daya saing Grup Emtek dalam mengembangkan usahanya yang telah lebih difokuskan dalam industri berbasis teknologi. 

“Kami juga berharap kerjasama ini akan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia baik secara makro maupun mikro,”ujarnya.

Berita Terkait