Empat Ruas Tol Trans Jawa Gratis Selama Libur Natal dan Tahun Baru

TrenAsia (TA) - JAKARTA. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal kembali membuka empat ruas tol Trans Jawa pada pertengahan Desember 2018. Selama libur Natal dan Tahun Baru 2019, kendaraan yang melewati empat ruas tol tersebut tidak dikenakan biaya alias gratis. 

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengatakan selama tahap sosialiasi, kendaraan yang melintasi empat ruas tol tersebut belum dikenakan tarif. Tahap sosialisasi sendiri akan berlangsung pada pertengahan Desember 2018 hingga awal Januari 2018. 

“Ini kan belum tarif, ini nanti yang sisanya yang sekarang 4 ruas ya yang digratiskan,” kata Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna kepada wartawan, Senin (3/12).

Ada empat ruas tol Trans Jawa yang akan dioperasikan pada pertengahan bukan ini. Pertama, Tol Semarang-Batang (74,2 km) dengan seksi I Batang-Batang Timur (3,2 km) seksi II Batang Timur-Weleri (36,4 km), seksi III Weleri-Kendal (11,05 km), Kendal-Kaliwungu (13,5 km) dan Kaliwungu-Semarang ( 10,1 km).

Kedua, Pemalang-Batang (39,2 km) dengan seksi I SS Pemalang- SS Pekalongan ( 23,3 km) dan seksi II SS Pekalongan-Batang ( 15,9 km). Ketiga Salatiga-Solo (32 km), terakhir Wilangan-Kertosono (39 km).

Empat ruas tol juga akan beroperasi penuh. Tarif mulai dikenakan setelah Surat Keputusan (SK) akan dikeluarkan pihak kementerian PUPR. Asal tahu saja, panjang jalan tol Trans Jawa ini mencapai 1.290 km. Jaringan tol ini berfungsi untuk menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa.(Hidayat, SN)