Elon Musk Mencuit, Harga Aset Kripto Ini Meroket Hingga 592 Persen

January 04, 2021, 02:31 PM UTC

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Mata Uang Kripto Dogecoin / Istimewa

JAKARTA – Harga aset kripto Dogecoin (DOGE) meningkat drastis dalam kurun waktu setahun terakhir. Secara tahunan, harga DOGE meroket 592% dari Rp28, menjadi Rp194. Sedangkan, selama tiga hari terakhir mulai dari 1 Januari 2021, kenaikan harganya mencapai 150%.

Kenaikan harga DOGE salah satunya didorong oleh permintaan yang meningkat, setelah CEO Tesla Elon Musk menyatakan bahwa DOGE adalah aset kripto favoritnya melalui Twitter. Dengan cuitan tersebut, banyak orang yang berbondong-bondong membeli DOGE.

Musk diketahui telah beberapa kali melakukan cuitan di Twitter soal DOGE. Cuitan paling populer ditulisnya pada 20 Desember 2020 lalu yang mengatakan “One Word: DOGE”.

Bukan hanya itu, Pada 18 Juli 2020, Musk mengunggah cuitan “Tak terhindarkan” beserta ilustrasi standar dogecoin yang menelan sistem keuangan global. Usai cuitan tersebut, harga dogecoin naik 14%.

DOGE sendiri merupakan salah satu aset kripto favorit dengan rating di urutan ke-26 dalam Coinmarketcap.com. Sementara, market cap DOGE sendiri mencapai US$1,27 miliar.

Peningkatan harga DOGE juga didorong melonjaknya harga Bitcoin. Pasalnya, DOGE merupakan salah satu jenis altcoin yang merupakan turunan dari teknologi Bitcoin.

Dogecoin sendiri awal penciptaannya dari sebuah candaan dari komunitas kripto dengan membuat kripto dengan ikon logo Anjing Shiba Inu yang akhirnya sekarang menjadi sebuah komunitas kripto yang besar. Dogecoin juga sering dikenal sebagai sebuah mata uang digital yang bersahabat.