Elon Musk Happy! Tesla Rayakan Pencapaian Produksi Satu Juta Mobil di China

16 Agustus 2022 10:00 WIB

Penulis: Fadel Surur

Editor: Ananda Astri Dianka

Elon Musk merayakan pencapaian pabrik Tesla di China atas produksi satu juta mobil listrik. (Reuters)

SHANGHAI - Perusahaan mobil listrik terbesar Tesla merayakan pencapaian produksi yang mencapai angka satu juta di China. 

Pengumuman itu disampaikan CEO dan orang terkaya di dunia, Elon Musk melalui akun Twitternya pada Senin, 15 Agustus kemarin.

“Selamat pada pabrik Giga Shanghai yang telah membuat sejuta mobil! Total Tesla yang telah diproduksi mencapai lebih dari 3 juta,” tulisnya dilansir Selasa, 16 Agustus 2022. 

Investor ikut merayakan pencapaian itu dan dibuktikan dari saham Tesla ditutup naik 3% pada hari Senin, 15 Agustus, seperti dikutip dari CNN.

Asosiasi Mobil Penumpang China menyebutkan bahwa Tesla telah membuat sekitar 974.000 mobil di China sampai bulan Juli lalu. 

Ini menunjukkan bahwa perusahaan itu hanya memproduksi sekitar 26.000 mobil sampai pertengahan Agustus. Angka itu menunjukkan penurunan produksi jika dibandingkan dengan produksi akhir tahun lalu yaitu 67.000 unit per bulan.

Penurunan performa ini juga memunculkan kemungkinan bahwa Tesla akan gagal mencapai target penjualan globalnya untuk kuartal ini. 

CEO GLJ Research, Gordon Johnson menyebutkan bahwa Tesla kehilangan pangsa pasarnya karena persaingan di China dari pembuat mobil elektrik Barat dan lokal. 

Produksi Shanghai sempat mengalami kesulitan setelah ditempa penguncian COVID-19 sepanjang sebagian besar kuartal kedua. 

Akibatnya, terjadi penurunan pendapatan dan penjualan kuartal-ke-kuartal yang jarang terjadi di Tesla. 

Menanggapi masalah itu, Elon menyampaikan pada investor bahwa mereka harus bergelut dengan kesulitan rantai pasokan karena lockdown.

Berita Terkait