Ekspansi di Asia Pasifik, Map Boga Adiperkasa Hadirkan Subway di Indonesia pada Kuartal IV-2021

24 Agustus 2021 11:45 WIB

Penulis: Aprilia Ciptaning

Editor: Rizky C. Septania

Salah satu menu sandwich Subway (Subway)

JAKARTA - Jaringan sandwich internasional, Subway, melakukan ekspansi dengan menghadirkan restoran pertamanya di Indonesia. 

Kerja sama ini akan dioperasikan oleh PT Sari Sandwich Indonesia, anak perusahaan dari peritel Food and Beverage (F&B) PT Map Boga Adiperkasa Tbk (MAPB).

MAPB sendiri merupakan bagian dari bisnis PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI). Mengutip keterbukaan informasi MAPI di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa, 24 Agustus 2021, tahap awal akan dibuka beberapa restoran Subway di wilayah Jabodetabek pada kuartal keempat 2021.

Atas kerja sama ini, Indonesia disebut telah menjadi negara pertama yang menerapkan model waralaba negara (country franchise model) eksklusif Subway.

“Berdasarkan model ini, perseroan akan menjadi perusahaan tunggal bagi pengembangan Subway di Indonesia. Harapannya mampu membangun pertumbuhan tahunan restoran yang kuat dan stabil,” tulis keterangan tersebut.

Chief Executive Officer (CEO) MAPI V.P. Sharma mengungkapkan, pihaknya menyadari peran penting dari ritel F&B sehingga tidak menutup kemungkinan untuk bermitra dengan merek-merek terbaik.

“Bagi kami, Subway merupakan pilihan yang tepat,” ungkapnya.

Sementara itu, CEO Subway John Chidsey menjelaskan, permintaan terhadap restoran Subway datang dari berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia. Ia pun memilih MAPI karena dinilai sebagai mitra ideal untuk memulai ekspansi bisnis di wilayah Asia Pasifik.

“Kami yakin, para pelanggan di Indonesia menginginkan opsi yang lebih baik. Hal ini merupakan langkah awal dari rencana ekspansi global kami,” jelasnya.

Di Indonesia, MAPB memiliki lebih dari 590 gerai di 33 kota yang mengoperasikan merek ritel makanan, seperti Starbucks, Pizza Marzano, Krispy Kreme, dan sebagainya.

Selama ini, restoran Subway yang berada di Korea, Jepang dan Singapura dinilai telah meraih kesuksesan dalam beberapa tahun terakhir. Diharapkan, pertumbuhan serupa juga tercapai di Indonesia.

Pemesanan Subway di Indonesia pun dapat menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen Indonesia. 

“Subway menyajikan setiap pesanan sesuai dengan permintaan dan selera pelanggan,” ungkapnya.

Berita Terkait