Efek Samping Akibat Terlalu Banyak Makan Kue Kering Saat Lebaran

14 Mei 2021 18:10 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Ilustrasi jualan kue kering jelang Lebaran/freepik.com

JAKARTA – Tak lengkap rasanya jika saat merayakan momen lebaran Hari Raya Idulfitri tanpa menyajikan aneka macam kue kering. Dengan banyaknya jenis makanan yang tersaji di meja makan, tentu membuat Anda sering tergoda untuk memakannya, salah satunya adalah kue kering yang memiliki banyak macam, seperti cookies.

Kue cookies yang biasanya dihiasi dengan toping cokelat chip ini memang menggiurkan dan bikin ketagihan untuk selalu mengonsumsinya. Hal ini tentu bisa menimbulkan efek samping untuk kesehatan. Berikut efek samping terlalu sering makan kue kering ketika lebaran tiba.

  1. Terkena Gangguan Kesehatan Kronis
    Mengonsumsi kue kering dalam jumlah besar setiap hari dapat membahayakan kesehatan Anda. Hal ini karena mengonsumsi makanan yang mengandung gula dalam kadar yang tinggi dapat meningkatkan risiko obesitas serta diabetes tipe 2.
  2. Membuat Kulit Jadi Keriput
    Kulit mengandung kolagen dan elastin yang membuatnya tetap kenyal dan elastis. Tetapi kandaungan tersebut bisa rusak akibat adanya peningkatan jumlah gula yang didapat karena Anda mengonsumsi kue. Hal ini dapat mengakibatkan efek samping seperti membuat kulit jadi keriput atau kendur.
  3. Menambah Berat Badan
    Jika Anda terlalu sering makan kue kering, hal ini dapat membuat berat badan Anda jadi langsung naik. Kue kering biasanya mengandung sirup jagung fruktosa tinggi, sehingga berpengaruh terhadap kenaikan berat badan.

    Jika Anda hanya memakan 1 kue kering saja dalam sehari, tentu saja hal ini tidak terlalu berpengaruh. Tetapi, Anda tentu tidak hanya akan mengonsumsi 1 kue kering saja dalam sehari, dan inilah yang menyebabkan berat badan mudah naik.
  1. Memicu Rasa Lapar
    Kue kering merupakan makanan yang mengandung sedikit serat. Makanan kurang serat tentunya akan membuat Anda jadi mudah lapar.
  2. Menimbulkan Ketagihan
    Kue kering bisa membuat Anda terus menerus mengonsumsinya. Padahal, ketika Anda mengonsumsi kue kering, maka akan terjadi peningkatan glukosa darah. Lonjakan gula darah dapat mengakibatkan masalah kesehatan pada tubuh Anda.

Berita Terkait