Efek Kepulangan Rizieq Shihab, Sriwijaya Juga Bebaskan Biaya Penjadwalan Ulang

JAKARTA – Kondisi arus lalu lintas menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta macet total. Kemacetan ini disebabkan oleh ramainya massa yang menjemput kepulangan imam besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab.

Kerumunan massa mulai memenuhi kawasan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta sejak dini hari. Hingga akhirnya sampai menutup akses keluar masuk bandara termasuk Terminal 1 & 2.

Airport Station Manager Sriwijaya Air Group Taufik Sabar mengungkapkan, kemacetan ini berdampak pada terlambatnya beberapa penerbawangan Sriwajaya Air dan Nam Air. Beberapa penerbangan yang terdampak, antara lain SJ184 rute Jakarta-Pontianak, IN180 rute Jakarta-Balikpapan, dan SJ072 rute Jakarta-Pangkalpinang.

Selanjutnya, IN056 rute Jakarta-Tanjung Pandan, SJ182 rute Jakarta-Pontianak, dan SJ054 rute Jakarta-Tanjung Pandan. Lalu SJ024 rute Jakarta-Padang dan dan IN170 rute Jakarta-Semarang.

“Untuk lamanya durasi keterlambatan pun bervariasi antara 1 sampai 3 jam. Melihat kondisi saat ini ada beberapa flight lainnya yang tampaknya akan terkena imbas juga dari kemacetan parah,” terang Taufik dalam siaran persnya, Selasa, 10 November 2020.

Sebab keterlembatan ini, Direktur Niaga Sriwajaya Air Group Henich Rudi Iwanudin pun bersedia memberikan fasilitas pemesanan dan penjadwalan ulang tiket secara gratis bagi penumpang yang terdampak.

“Sriwijaya Air Group memahami betul kondisi sulit yang dirasakan oleh para pelanggan setia yang terdampak kemacetan di kawasan Bandara Soekarno Hatta,” kata dia.

Garuda Indonesia

Sebelumnya dilaporkan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) juga turut memberikan fasilias penjadwalan ulang gratis bagi para penumpangnya yang terdampak. Tidak hanya itu, Garuda juga menyediakan fasilitas pengembalian uang yang terpaksa membatalkan penerbangannya lantaran kemacetan parah yang terjadi di Bandara Soetta.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, pihaknya memahami kondisi ini sangat berdampak pada para penumpang. Sebab itu, kata dia, Garuda berkomiten untuk memberikan solusi bagi mereka yang terdampak oleh kemacetan ini.

“Adapun bagi para penumpang yang masih harus melanjutkan perjalanannya kami juga mempersiapkan opsi pengalihan jadwal keberangkatan ke penerbangan selanjutnya,” terang Irfan dalam rilis resminya, Selasa, 10 November 2020.

Bagi pelanggan Garuda maupun Sriwijaya Air yang terdampak atas kemacetan ini dapat menghubungi call centre masing-masing maskapai.

Tags:
bandara macetBandara Soekarno-Hattahabib rizieqrizieq shihabrizieq shihab pulang
Fajar Yusuf Rasdianto

Fajar Yusuf Rasdianto

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: