Dunkin’ Brands Diakuisisi US$8,76 Miliar, Arby’s dan Dunkin’ Donuts Jadi Saudara

JAKARTA – Inspire Brands Inc. mengakuisisi Dunkin’ Brands Group Inc. senilai US$ 8,76 miliar.

Dengan demikian, Dunkin’ Donuts dan Baskin-Robbins akan berada di bawah payung yang sama dengan Arby’s yang dimiliki Inspire Brands.

Dikutip Reuters, Inspire Brands menyatakan kesepakatan tunai yang bertujuan mengambil Dunkin Brands Group Inc. itu senilai US$106,50 per saham. Nilai itu premium karena hampir 20% di atas harga penutupan terakhir Dunkin pada 23 Oktober 2020.

Bila dihitung dengan utang, kesepakatan itu bernilai sekitar US$11,3 miliar.

Penjualan Dunkin’ dan Baskin-Robbins telah meningkat didorong permintaan yang kuat lewat penjemputan di tepi jalan (curbside pickup), drive-thru, dan pilihan pengiriman.

Setelah kesepakatan ini, Dunkin’ dan Baskin-Robbins akan beroperasi sebagai merek berbeda dalam Inspire.

Dunkin’ Brands mengoperasikan 12.900 restoran Dunkin’ dan lebih dari 8.000 toko Baskin-Robbins di dunia. Sementara, Inspire Brands yang memiliki Arby’s, Buffalo Wild Wings, dan Sonic Drive-In memiliki lebih dari 11.000 restoran.

“Mereka akan memperkuat Inspire melalui platform internasional dan infrastruktur lisensi barang kemasan konsumen yang kuat, serta menambahkan lebih dari 15 juta anggota loyalitas,” kata CEO Inspires Brands, Paul Brown, dikutip Reuters, Jumat, 30 Oktober 2020.

Barclays bertindak sebagai penasehat keuangan Inspire, sedangkan BofA Securities menjadi penasehat Dunkin’ Brands.

Tags:
Akuisisiarbysbaskin-robbinsdunkin brandsdunkin donutsinspire brands
%d blogger menyukai ini: