Dukung UMKM Go Digital, IDCloudHost Luncurkan Layanan Server Cloud VPS dan Object Storage

16 Juni 2021 16:35 WIB

Penulis: Reza Pahlevi

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki foto bersama Founder sekaligus CEO IDCloudHost Alfian Pamungkas Sakawiguna (tengah), CMO IDCloudHost Muhammad Mufid Luthfi (kanan atas), dan CTO IDCloudHost Faisal Reza (kanan bawah) dalam peluncuran dua produk terbaru IDCloudHost, Server Cloud VPS (Virtual Private Server) dan Object Storage, secara daring pada Rabu (16/6). (Foto: IDCloudHost)

JAKARTA – Penyedia layanan infrastruktur cloud IDCloudHost meluncurkan produk terbarunya, Server Cloud Virtual Private Server (VPS) dan Object Storage. Kehadiran dua produk ini diharapkan memberikan kemudahan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ingin merambah digital.

Chief Technology Officer (CTO) IDCloudHost Faisal Reza mengatakan dua produk ini menjadi layanan full cloud pertama di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk dapat menaikturunkan kebutuhan server sesuai dengan pemakaian.

“Biaya layanan full cloud ini dimulai dari harga Rp 50.000 per bulan. Produk ini memberikan fleksibilitas sesuai kebutuhan pelanggan, sehingga juga dapat menciptakan efisiensi biaya,” ujar Reza dalam acara peluncuran, Rabu, 16 Juni 2021.

Untuk produk Object Storage juga dibanderol dengan harga yang kompetitif. Reza menjelaskan harga untuk layanan tersebut mulai dari Rp500 per gigabyte tanpa hidden charge seperti biaya transfer dan kuota bandwidth.

Reza juga menjelaskan layanan konsumen di IDCloudHost juga berbahasa Indonesia. Ini membantu UMKM yang mungkin tenaga ahlinya terbatas. “Ketika ada kesulitan kita bisa merespon dengan cepat dan support-nya juga berbahasa Indonesia,” tambah Reza.

CEO IDCloudHost Alfian Pamungkas Sakawiguna menjelaskan peluncuran kedua produk ini trategi perusahaan untuk memperluas jangkauan layanan perusahaan, terutama kepada segmen pelaku UMKM, web developer, dan perusahaan rintisan (start-up).

“Melalui peningkatan layanan ini, kami ingin berpartisipasi dalam pertumbuhan ekosistem digital nasional dan global sehingga turut mendorong bisnis pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya,” ujar Alfian.

Berdasarkan data dari Indonesian E-Commerce Association (idEA) terdapat 13,7 juta pelaku UMKM Indonesia yang sudah tergabung ke dalam ekosistem digital hingga Mei 2021.

Menurut catatan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM), total UMKM di Indonesia mencapai 64,1 juta. Selain UMKM, pemerintah juga menargetkan pertumbuhan perusahaan rintisan mencapai 4.500 hingga 4.900 pada 2024 mendatang.

Peluncuran produk baru yang membantu UMKM ini pun diapresiasi oleh MenkopUKM Teten Masduki. Teten berharap kehadiran dua produk tersebut akan mendorong pelaku UMKM masuk ke dalam ekosistem digital.

““Sebagai penyedia layanan web hosting dan infrastruktur teknologi berbasis cloud, IDCloudHost diharapkan mampu menjadi mita strategis dalam tumbuh kembang UMKM,” ujar Teten.

Teten juga menambahkan, salah satu kunci pemulihan ekonomi adalah melalui transformasi digital. Target pemerintah sebanyak 30 juta UMKM dapat onboarding digital pada akhir 2024.

“Peran IDCloudHost menjadi sangat strategis dalam mendukung transofrmasi digital UMKM, IDCloudhost mampu melakukan clustering platform per trade area serta memberikan kebutuhan dan solusi berbeda di tiap level skala usaha,” jelasnya.

Berita Terkait