Sampoerna Gelar Vaksinasi Tahap Ketiga untuk 30.000 Karyawan pada Akhir Juli 2021

23 Juli 2021 21:11 WIB

Penulis: Aprilia Ciptaning

Editor: Laila Ramdhini

Pabrik rokok HM Sampoerna. / Facebook @InsideSampoerna

JAKARTA – Perusahaan rokok PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP) berkomitmen untuk menjalankan program Vaksinasi Gotong Royong terhadap 65.000 karyawan.

Hal ini menjadi bagian dari upaya penanganan pandemi yang terwujud melalui kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin). Seperti diketahui, asosiasi tersebut mendukung pelaku usaha untuk mendapatkan akses vaksin COVID-19 bagi para karyawannya.

Sejauh ini, Sampoerna telah melakukan vaksinasi mandiri tahap kedua sejak 3-16 Juli 2021 kepada 8.000 karyawan di 42 fasilitas. Lokasi vaksinasi ini tersebar di 33 kabupaten/kota, termasuk di tempat produksi Pasuruan, Probolinggo, dan Malang.

Adapun target vaksinasi tahap ketiga akan menyasar 30.000 karyawan secara bertahap mulai akhir Juli 2021.

Presiden Direktur Sampoerna Mindaugas Trumpaitis mengatakan perseroan terus mendorong program vaksinasi sampai kebutuhan vaksin seluruh karyawan dapat terpenuhi.

Selain vaksinasi, kata dia, Sampoerna juga senantiasa menerapkan protokol kesehatan serta sanitasi yang ketat. Pihaknya mengacu pada arahan dan peraturan Protokol Pencegahan COVID-19 bagi pelaku usaha yang dikeluarkan oleh pemerintah dan Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

“Khusus untuk menjaga kualitas produk dan integritas merek, kami melakukan karantina produk selama lima hari sebelum pendistribusian. Durasi ini hampir dua kali lebih lama dibandingkan dengan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO dan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (European CDC),” jelasnya dalam keterangan resmi, Jumat, 23 Juli 2021.

Selama pandemi belum berakhir, Sampoerna terus berkomitmen untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, seperti mendukung program vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sediakan Tempat dan Fasilitas Vaksinasi di Kawasan Industri

Sebagai informasi, belum lama ini Sampoerna juga membantu penyediaan tempat dan fasilitas pendukung bagi Sentra Vaksinasi Gotong Royong di Karawang, Jawa Barat. Program vaksinasi yang diselenggarakan oleh Kadin ini melayani lebih dari 10.000 tenaga kerja.

Program tersebut ditujukan bagi para karyawan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Karawang International Industrial City (KIIC) dan Kawasan Industri Surya Cipta.

Kadin pun mencatat, lebih dari 28.000 perusahaan telah terdaftar program Vaksinasi Gotong Royong. Vaksinasi tersebut akan diberikan kepada total 10,5 juta peserta yang mencakup karyawan dan keluarga karyawan. engalokasikan 1 juta dosis vaksin untuk 500.000 peserta pada Juli ini.

Rincian harga vaksin sebesar Rp375.000 dengan biaya penyuntikan Rp125.000 per dosis. Vaksin COVID-19 harus dua kali injeksi, sehingga total uang yang harus ditanggung perusahaan senilai Rp1 juta per karyawan.

Berita Terkait