Dukung Kelancaran Logistik, Akses Tol Makassar New Port Butuh Duit Rp705 Miliar

11 Februari 2022 13:20 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Fakhri Rezy

Makassar New Port (MNP) Tahap I A. (KPPIP)

JAKARTA - Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pelabuhan, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo akan memulai pembangunan akses jalan tol Makassar New Port (MNP) di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Proyek Strategis Nasional (PSN) pemerintahan Joko Widodo ini membutuhkan investasi sebesar Rp705 miliar. Proyek akses jalan tol ini diharapkan mendukung operasional proyek MNP yang saat ini hampir rampung.

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan kesiapan pembangunan akses jalan tol MNP ditandai dengan groundbreaking atau peletakan batu pertama di lokasi pembangunan di area MNP pada 7 Februari 2022.

Dimulainya pembangunan akses jalan tol ini diharapkan bisa mempercepat jarak tempuh menjadi empat kali lebih cepat, dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan distribusi logistik di Makassar, Sulawesi Selatan dan wilayah Indonesia Timur.

Selain itu, bertujuan untuk memperlancar jalur ekspor dan impor serta menjadi salah satu solusi mengurai kemacetan bagi angkutan barang atau logistik dengan akses langsung dari dan menuju ke MNP.

"Saya berharap akses jalan tol ini tak hanya memangkas waktu tempuh tetapi juga semakin memperlancar pertumbuhan ekonomi, tak hanya di Makassar dan Sulsel, tetapi juga di Indonesia Timur," katanya dalam pernyataan resmi.

Pembangunan akses jalan tol ini akan dikerjakan oleh PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) melalui PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) sebagai kontraktor pembangunan. Pengerjaan akan mulai dilakukan pada akhir Februari ini.

Tahap pertama pembangunan jalan akses tol MNP ini dimulai dari arah pelabuhan lama (Jalan Tol Seksi 1) menuju MNP sepanjang 1,2 kilometer (Km). 

Sementaa pembangunan tahap kedua mulai dari arah banda (Jalan Tol Makassar Seksi IV) menuju ke MNP sepanjang 2 Km dengan lebar lajur 4 meter.

Pembangunan jalan akses tol MNP ini juga merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan tol Makassar-Maros-Sungguminasa-Takalar (Mamminasata).

Berita Terkait