Dukung Ekspansi Kredit, Bank BJB Gelar 'Rights Issue'

14 Januari 2022 17:30 WIB

Penulis: Merina

Editor: Rizky C. Septania

Ilustrasi PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau Bank BJB / Dok. Perseroan

JAKARTA - Emiten perbankan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten TbK (BJBR), akan melakukan penawaran umum terbatas kepada pemegang  saham. Aksi ini dilakukan dalam rangka penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (rights issue) pada Maret 2022.

Berdasarkan prospektus yang yang dipublikasi pada Jumat, 14 Januari 2022, perseroan menawarkan sebanyak-banyaknya 925 juta saham, dengan nilai nominal Rp250 dan harga pelaksaan yang masih belum ditetapkan.

Perseroan menawarkan sebanyak-banyaknya 925 juta saham baru dengan nilai nominal Rp250 per saham,  HMETD akan dibagikan kepada para pemegang saham perseroan yang tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan pada tanggal 9 Maret 2022," ujar manajemen dalam prospektus yang dikutip Jumat, 14 Januari 2022.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil PMHMETD I ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan dipergunakan untuk memperkuat struktur permodalan dalam rangka ekspansi kredit Perseroan.

Adapun pemegang saham yang berhak melakukan pembelian ialah para pemegang saham yang namanya tercatat dalam DPS Perseroan pada penutupan perdagangan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia tanggal 10 Maret 2022.

Di sisi lain, seiring dengan adanya pemberitaan rights issue, saham BJBR mengalami penurunan 0,37% ke level Rp1.350 pada perdagangan Jumat, 15 Januari 2022.

 

Berita Terkait