Dubes Jepang Baru Lanjutkan Tradisi Foto Bersama Makanan Indonesia

February 14, 2021, 05:02 PM UTC

Penulis: Reza Pahlevi

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi dalam serah terima jabatan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. /instagram.com/jpnambsindonesia

JAKARTA – Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji resmi menggantikan Dubes Jepang sebelumnya, Ishii Masafumi, sejak 4 Februari 2021.

Masafumi sebelumnya sempat viral di media sosial karena kebiasaannya berfoto dengan makanan Indonesia di akun Instagram resmi Dubes Jepang, @jpnambsindonesia. Kini, Kenji melanjutkan kebiasaan tersebut.

Hingga 14 Februari 2021, tercatat sudah ada dua kesempatan Kenji berfoto bersama makanan di akun Instagram-nya. Pertama, Kenji berfoto dengan makanan favoritnya yaitu mi. Kedua, dirinya baru berfoto dengan makanan Indonesia yaitu mi ayam.

ta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji / Instagram @jpnambsindonesia

“Akhir-akhir ini, di hari saya bekerja di kantor, saya memesan makanan Indonesia. Hari ini saya mencoba Mie Ayam!” tulis Kenji di akun Instagram-nya, Rabu, 10 Februari 2021. Terlihat juga dirinya memakai batik seperti Masafumi sebelumnya.

Meski begitu, ada sedikit perbedaan antara foto Kenji dan Masafumi ketika berfoto bersama makanan. Perbedaan ini bisa dilihat dari sudut pengambilan gambar. Foto Masafumi bersama makanan biasa diambil dari depan sementara foto Kenji diambil dari kanan.

Kenji Kanasugi resmi menjabat Dubes Jepang bersama enam dubes lain sejak 4 Februari 2021. Selain Jepang, Presiden Indonesia Joko Widodo juga mengangkat dubes Bangladesh, Pakistan, India, Republik Ceko, Romania, dan Republik Fiji.

Sebelum menjadi Dubes Jepang, Kenji menjabat sebagai Deputi Senior Bidang Ekonomi Kementerian Luar Negeri Jepang. Jabatan itu dia didapatkan setelah sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jendral Biro Asia-Pasifik di kementerian yang sama.

Tercatat juga sebelumnya Kenji pernah menjadi asisten eksekutif untuk Perdana Menteri Yoshihiko Noda yang menjabat selama 2011-2012.

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Hitotsubashi ini juga sudah beberapa kali menjabat di Kedutaan Besar Jepang di berbagai negara. Dirinya pernah menjabat sebagai Deputi Kepala Misi Kedutaan Besar Jepang untuk Korea Selatan. Selain itu, dia juga pernah menjadi Sekretaris Pertama Kedutaan Besar Jepang untuk Malaysia dan Konselor Kedutaan Besar Jepang untuk Amerika Serikat. (SKO)