Dorong Literasi Digital, Transfer Gaji Asisten Rumah Tangga Kini Bisa Lewat DANA

23 Agustus 2021 17:07 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Amirudin Zuhri

Pembayaran zakat dapat dilakukan melalui dompet digital DANA. / Facebook @DANAwallet

JAKARTA – Dompet digital DANA berkolaborasi dengan Women's World Banking merilis program khusus bagi asisten rumah tangga (ART) yang bertujuan untuk meningkatkan literari keuangan digital.

Melalui program gamifikasi, para pemberi kerja bisa menggunakan DANA sebagai media pembayaran gaji untuk para ART. Selain itu juga mengedukasi ART untuk bertransaksi secara non tunai lewat DANA.

“DANA memperkuat upayanya dengan menggandeng Women’s World Banking untuk mendorong perempuan, khususnya para asisten rumah tangga, agar makin cakap dalam hal keuangan digital,” kata Monita Moerdani, Chief Marketing Officer DANA dalam keterangan resmi, Senin 23 Agustus 2021.

Ia menerangkan, program ini bersifat kolaboratif karena melibatkan kedua belah pihak, yaitu baik ART maupun pemberi kerja. Oleh karena itu, DANA berharap pemberi kerja dapat ikut serta dalam mendukung ART menjadi cakap digital.

Program edukasi ini berdasarkan penelitian Women's World Banking, di mana sebagian besar gaji ART dibayar tunai setiap bulan, dengan jumlah berkisar antara Rp1,5 - 2,2 juta per bulan.

Sayangnya, banyak dari mereka yang belum memiliki rekening bank dan meminta pemberi kerja untuk mengirimkan 50-75% dari gaji mereka langsung ke keluarga mereka. Kemudian menyimpan sisanya dalam bentuk tunai untuk penggunaan pribadi.

“Seiring dengan meningkatnya layanan keuangan digital di seluruh Asia Tenggara, hambatan signifikan terhadap inklusi keuangan perempuan masih terjadi di Indonesia,” sebut Christina Maynes, Regional Director SEA Women's World Banking.

Oleh karenanya, ia melihat  DANA memiliki potensi untuk mengurangi kesenjangan, meningkatkan taraf hidup ART, dan memfasilitasi transaksi finansial dengan biaya yang murah.

“Kami optimistis ART akan mendapatkan kepercayaan diri dalam menggunakan layanan keuangan digital dan memiliki pengetahuan yang luas dalam mengelola keuangan mereka,” tambah dia.

Berita Terkait