Dorong Inklusi Keuangan, Akulaku Finance Dapat Fasilitas Pembiayaan dari Bank Permata

03 September 2021 11:27 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Amirudin Zuhri

Suasana di salah satu Stan Akulaku Finance Indonesia. / Dok. Akulaku

JAKARTA – PT Akulaku Finance Indonesia memperoleh fasilitas pendanaan dari PT Bank Permata Tbk yang akan digunakan untuk meningkatkan pelayanan konsumen dan inklusi keuangan di Indonesia.

Presiden Direktur Akulaku Finance Indonesia Efrinal Sinaga mengungkapkan, fasilitas pendanaan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kapasitas dan variasi (multi scheme of funding) penyaluran pembiayaan perusahaan kepada para pelanggan Akulaku Finance Indonesia.

"Fasilitas pendanaan dari PermataBank ini memungkinkan Akulaku Finance Indonesia untuk dapat melayani lebih banyak nasabah pembiayaan berbasis digital di seluruh Indonesia yang sejalan dengan pertumbuhan pembiayaannya di sepanjang 2021," kata Efrinal dikutip dari keterangan resmi, Jumat 3 September 2021.

Ia mengungkapkan kerja sama ini merupakan wujud kolaborasi yang erat dan visioner antara perbankan dan penyedia layanan pembiayaan berbasis digital. Terutama dalam komitmen mewujudkan inklusi keuangan dan memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah Akulaku Finance Indonesia dan PermataBank.

“Dalam menghadapi perubahan seperti yang terjadi saat ini, bank dan pelaku usaha jasa keuangan digital mesti semakin banyak berkolaborasi untuk memperkuat ekosistem dan data mining satu sama lain. Kepercayaan dari mitra perbankan ini akan terus kami jaga dengan mengimplementasikan langkah-langkah mitigasi risiko yang baik," ujar Efrinal.

Djumariah Tenteram, Direktur Retail Banking PermataBank mengungkapkan ini merupakan komitmen perseroan untuk terus mengembangkan digitalisasi perbankan dan mendukung perkembangan mitra strategi.

“Terutama melalui kemitraan dengan perusahaan pembiayaan berbasis teknologi terkemuka, seperti Akulaku Finance yang memiliki portofolio customer base yang luas dan sesuai dengan risk appetite PermataBank saat ini.”

Melalui kemitraan ini, PermataBank berharap dapat menjangkau konsumen unbanked dan underserved yang jumlahnya masih cukup besar sekaligus memberikan akses  keuangan yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia.

Sebagai tambahan, pada kuartal II-2021, pendapatan operasional PermataBank tumbuh 19% year on year (yoy). Dengan pertumbuhan total aset sebesar 34,8% yoy menjadi sebesar Rp212,9 triliun dan mencatatkan PermataBank sebagai salah satu 10 bank komersial terbesar di Indonesia berdasarkan total aset.

Akulaku Finance mencatatkan performa penyaluran pembiayaan senilai lebih dari Rp4,9 triliun di sepanjang semester pertama 2021, dengan tingkat NPF (nett) sebesar 0,6%. Perusahaan juga menargetkan untuk menyalurkan pembiayaan sejumlah Rp7 triliun sepanjang 2021.

Berita Terkait