Dompet Sering Bocor! Inilah Hal-hal yang Bikin Anda Buang-buang Uang Tanpa Menyadarinya

12 Agustus 2021 05:00 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

Inilah Hal-hal yang Bikin Anda Buang-buang Uang Tanpa Menyadarinya (Istimewa)

JAKARTA - Saat pandemi COVID-19 seperti saat ini, tentu membuat kita sadar betapa pentingnya menabung dan memiliki dana darurat. Akan tetapi, ternyata kita juga kerap tidak sadar buang-buang uang untuk hal-hal yang sebetulnya tidak dibutuhkan.

Berikut beberapa hal yang membuat Anda membuang uang tanpa menyadarinya, seperti yang telah dilansir dari laman RD.

1. Biaya Penerbangan

Saat Anda ingin membeli tiket pesawat, sebaiknya belilah dengan cermat. Anda bisa membandingkan harga maskapai satu dengan maskapai yang lain. 

Pertimbangkan juga biaya tambahan yang mereka berikan, seperti bagasi. Anda juga bisa menimbang tas atau koper Anda sebelum pergi untuk menghindari biaya tambahan.

2. Biaya Bank

Tidak menyimpan cukup uang di rekening bank dapat membuat Anda kehilangan uang tunai karena ada biaya admin bank. 

Untuk menghindarinya, Anda bisa mencari bank yang menerapkan biaya ATM gratis yang tidak membebankan biaya bulanan.

3. Membeli Barang Baru

Mobil baru yang mengilat seperti yang Anda lihat di showroom memang tampak menggiurkan. Akan tetapi, jika Anda membeli barang baru seperti mobil, maka nilainya akan semakin menurun. 

Oleh karena itu, pilihlah mobil bekas yang masih bisa berfungsi dengan baik, dan jika Anda menggunakan pinjaman, bisa gunakan pinjaman jangka pendek yang bisa Anda lunasi dengan cepat.

4. Makan di Luar

Pergi makan malam di luar bersama keluarga tentu menyenangkan. Akan tetapi, jika hal ini dilakukan dengan sering, maka pengeluaran Anda bisa bertambah. 

Daripada membeli makan siang setiap hari, Anda bisa menghemat uang dengan memasak di rumah dan membawanya sebagai bekal.

5. TV Kabel

Akses ke ratusan saluran dapat menambah tagihan TV kabel tiap bulanannya. Anda bisa menggantinya dengan memilih menggunakan layanan streaming yang biasanya lebih murah. 

Berita Terkait