Dompet Digital Indonesia Luncurkan Aplikasi Android dan iOS

TrenAsia (TA) - JAKARTA. Start-up financial technology (fintech) Dompet Digital Indonesia (Dana) secara resmi meluncurkan aplikasi Android dan iOS. Dana sebenarnya sudah melakukan soft launching pada akhir Maret 2018, namun peluncuran aplikasinya baru dilakukan pekan ini.

Aplikasi Dana kini sudah dapat diunduh oleh pengguna smartphone di Google Play Store bagi pengguna ponsel Android dan Apple App Store bagi pengguna ponsel dengan sistem iOS. “Kami luncurkan Dana untuk bikin rakyat Indonesia tak susah bayar ini itu,” kata Vince Iswara, CEO Dana Indonesia kepada wartawan.

Dengan hadirnya aplikasi mobile, Vince mengatakan para pengguna Dana bisa melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja. Aplikasi Dana ini menurutnya bisa menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia untuk bertransaksi non-tunai sehingga dapat menggairahkan ekonomi digital.  

Dana dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan, pulsa dan tiket. Selain itu, aplikasi Dana juga bisa digunakan untuk menyimpan uang e-money di akun yang terdaftar pada layanan tersebut.

“Top-up bisa dilakukan via bank transfer, debit card dan beberapa agen Alfamart,” kata Vince. Layanan Dana didukung oleh dua data center untuk menjamin transaksi bisa berjalan tanpa gangguan.

Untuk memudahkan pengguna, aplikasi Dana juga bisa digunakan untuk mentransfer uang ke sesama pemilik akun Dana. Pada pengguna harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi data KTP dan KK.

Dana telah mendapatkan lisensi e-money dan e-wallet, lembaga keuangan digital (LKD) dan transfer uang online  dari Bank Indonesia (BI). (Hidayat, SN)