DJKN Ungkap PNBP Lelang Capai Rp2,24 Triliun dalam 5 Tahun

24 November 2022 11:02 WIB

Penulis: Debrinata Rizky

Editor: Ananda Astri Dianka

DJKN Ungkap Berhasil PNBP Lelang Capai Rp2,24 Triliun

JAKARTA - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), melaporkan kinerja lelang yang dirasa gemilang dalam lima tahun terakhir. Salah satunya terhadap lelang barang rampasan dan sitaan.

Dirjen Kekayaan Negara Rionald Silaban, mengatakan kegiatan tersebut memberikan sumbangan penerimaan negara yang cukup besar. Yaitu untuk pokok lelang menembus Rp101 triliun dan PNBP lelang Rp2,24 triliun.

"Kinerja lelang lima tahun terakhir telah menunjukkan hasil yang membanggakan, mencapai pokok lelang Rp101 triliun dan PNBP lelang Rp2,24 triliun," kata Rionald Silaban dalam Anugerah Reksa Bandha di Kementerian Keuangan pada Rabu, 23 November 2022.

Bahkan menurut Rionald, selama pandemi kontribusi lelang DJKN terus digenjot melalui lelang digital, melalui portal lelang.go.id. Portal ini juga menjadi platform bagi UMKM untuk memasarkan produknya. Oleh karena itu, DJKN mengadakan Kedai Lelang UMKM sejak 2021.

Selain itu, DJKN mencatatkan nilai BMN yang sudah digunakan sebagai underlying asset SBSN sampai dengan kuartal III-2022 adalah sebesar Rp1.106,78 triliun. Dengan SBSN tersebut, diharapkan dapat memenuhi sebagian kebutuhan pembiayaan dari APBN untuk mendukung kebijakan fiskal yang ekspansif.

Dengan raihan BMN tersebut, Kemenkeu memberikan penghargaan Anugerah Reksa Bandha kepada Kementerian/Lembaga (K/L) dan stakeholders berprestasi di bidang pengelolaan aset dan lelang.

Anugerah Reksa Bandha terdiri dari 5 kategori penghargaan di bidang pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dan 4 kategori di bidang lelang. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atas kualitas kinerja dan koordinasi yang baik antara K/L dan para stakeholders Kemenkeu, di sepanjang 2022 terkait pengelolaan aset negara.

Berita Terkait