Diresmikan Jokowi Hari Ini, Investasi Bendungan Bendo Ponorogo Tembus Rp1,07 Triliun

07 September 2021 17:00 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Rizky C. Septania

Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. (BUMN.)

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur hari ini, Selasa, 7 September 2021. Dikerjakan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) Konsorsium sejak tahun 2013, investasi pembangunan bendungan ini mencapai Rp1,07 triliun.

"Dalam kunjungan sehari di Provinsi itu (Jawa Timur), saya hendak meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal di beberapa tempat, dan meresmikan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo," ujar Jokowi melalui akun Instagram, Selasa pagi.

Selain meresmikan Bendungan Bendo, Jokowi juga akan meninjau kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi para pelajar di SMK PGRI 2 Ponorogo dan vaksinasi COVID-19 di Pondok Pesantren K.H. Syamsuddin Ponorogo.

Dari Ponorogo, Kepala Negara akan langsung menuju lokasi Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) guna meninjau kegiatan vaksinasi COVID-19 yang diperuntukkan bagi masyarakat di daerah tersebut.

Daya Tampung 43,11 Juta M3

Bendungan Bendo terletak di Dukuh Bendo, Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Bendungan ini termasuk salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang digarap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bendungan Bendo dibangun dengan membendung Sungai Ngindeng dan Sungai Keyang. Kedua sungai ini adalah anak Sungai Bengawan Madiun yang juga merupakan anak Sungai Bengawan Solo.

Bendungan Bendo memiliki kapasitas tampungan sebesar 43,11 juta meter kubik. Dengan panjang 337 meter dan tinggi 74 meter, Bendungan Bendo diproyeksikan dapat memberikan manfaat irigasi sebesar 7.800 hektare, suplai air baku sebesar 370 liter/detik dan sebagai pereduksi banjir sebesar 420 m3/detik menjadi 290 m3/detik.

Bendungan Bendo juga memiliki potensi energi dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal.

Pekan lalu, Jokowi berturut-turut meresmikan Bendungan Kuningan di Provinsi Jawa Barat dengan investasi sebesar Rp519 miliar dan Bendungan Wau Sekampung di Provinsi Lampung dengan investasi Rp1,78 triliun.

Bendungan Kuningan diresmikan Jokowi pada 31 Agustus dalam kunjungan seharian ke wilayah itu, sedangkan Bendungan Way Sekampung diresmikan pada 2 September.

Jokowi juga dijadwalkan akan meresmikan Bendungan Paselloreng di Provinsi Sulawesi Selatan tengah pekan ini. Pembangunan bendungan ini menghabiskan Rp793 miliar.

Bendungan yang berada di Desa Arajang Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo ini memiliki kapasitas tampung 138 juta meter kubik dan luas genangan 169 hektare. 

Salah satu bendungan besar di Provinsi Sulawesi Selatan ini mampu mengairi areal persawahan seluas 8.510 hektare dengan investasi Rp793 miliar.

Proyek ini dibangun sejak 2015 oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) dan PT Bumi Karsa melalui skema Kerjasama Operasional.*

Berita Terkait