Diminati Petani, Serapan KUR Pertanian Hingga Agustus Capai Rp47,1 Triliun

23 Agustus 2021 15:59 WIB

Penulis: Ismail Pohan

Editor: Ismail Pohan

Petani memanen padi di sebuah area persawahan di kawasan Bogor, Jawa Barat, Senin, 23 Agustus 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian yang dikelola oleh Kementerian Pertanian bekerjasama dengan perbankan makin diminati oleh petani. Hingga pertengahan Agustus, serapan KUR Pertanian mencapai 67,29 persen atau senilai Rp 47,1 triliun.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta petani terus memanfaatkan program KUR Pertanian ini. KUR Pertanian membantu petani dalam mengembangkan budidaya pertanian dari hulu hingga hilir. 

Serapan KUR senilai Rp 47,1 triliun terdistribusi untuk beberapa sektor, di antaranya tanaman pangan senilai Rp 12,4 triliun atau setara dengan 46,26 persen dari alokasi senilai Rp 26,8 triliun. Selanjutnya adalah hortikultura yang terealisasi senilai Rp 5,8 triliun atau setara dengan 74.90 persen dari alokasi senilai Rp 7,8 triliun.

Kementerian Pertanian meminta semua stakeholder terus menggenjot penyerapan KUR Pertanian di lapangan, oleh karena memiliki banyak manfaat untuk masyarakat. Sebanyak 1.461.483 debitur telah terfasilitasi melalui KUR Pertanian. 

Untuk itu Kementan mengajak petani untuk terus memanfaatkan KUR Pertanian karena memiliki manfaat yang cukup banyak. Selain itu, KUR Pertanian juga memiliki bunga ringan yang waktu pengembaliannya bisa dilakukan pada saat panen raya. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

 

 

Berita Terkait