Dijamin Aman! Begini Cara Simpan Foto Pribadi di iPhone Agar Tak Ketahuan

25 Januari 2023 13:15 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Yosi Winosa

Rahasia Tetap Aman! Ini Dia Cara Sembunyikan Foto di iPhone Agar Tidak Ketahuan (Freepik.com/katemangostar)

JAKARTA - Ponsel atau smartphone seperti iPhone memang kini menjadi barang pribadi atau personal yang sebaiknya tidak diotak-atik oleh orang lain. 

Anda mungkin menggunakan iPhone untuk bekerja atau bersenang-senang, jadi tetap wajar jika Anda ingin memastikan bahwa hal pribadi Anda di ponsel tidak diketahui orang lain. 

Itulah mengapa Anda perlu mengetahui cara rahasia sembunyikan foto di iPhone agar tidak ketahuan.

Cara Sembunyikan Foto di iPhone Agar Tidak Ketahuan

Jika Anda ingin menyembunyikan foto di ponsel iPhone, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menempatkannya di album tersembunyi yang biasa ada di setiap iPhone. Anda juga dapat menggunakan cara ini untuk menyembunyikan foto di iPad.

1. Pertama, buka aplikasi Photos.

2. Ketuk foto yang ingin Anda sembunyikan. Jika Anda ingin menyembunyikan beberapa foto sekaligus, ketuk opsi ‘Select’ di pojok kanan atas, lalu pilih foto sebanyak yang Anda inginkan.

3. Pilih ikon untuk berbagi yang ada di sudut kiri bawah layar. Bentuknya akan terlihat seperti kotak dengan panah mengarah ke atas.

4. Scroll ke bawah sampai Anda melihat opsi ‘Sembunyikan’ atau ‘Hide’ lalu ketuk.

5. Klik ‘Hide Photo’ dari jendela pop-up. Foto-foto tersebut kemudian akan dikirim ke album tersembunyi Anda.

Cara Menyembunyikan Album Tersembunyi

Jika Anda sudah memindahkan foto-foto tersebut ke album ‘Hidden’ atau tersembunyi, Anda perlu melakukan beberapa hal lagi agar lebih aman. Anda perlu menyembunyikan album tersembunyi tersebut agar tidak diketahui orang lain.

1. Pertama, buka aplikasi ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’ di iPhone.

2. Scroll ke bawah tepatnya pada aplikasi ‘Photos’, lalu pilih.

3. Scroll ke bawah ke opsi ‘Hidden Album’ atau ‘Album Tersembunyi’. Klik tombol saklar sehingga bilah tersebut berubah dari hijau menjadi abu-abu.

Sekarang hidden album atau album tersembunyi Anda benar-benar tersembunyi dan tidak akan muncul di bawah Utilitas yang ada di aplikasi Photos. Jika Anda berubah pikiran, Anda cukup kembali ke aplikasi Settings di iPhone dan aktifkan lagi tombol Hidden Album.

Itu tadi cara menyembunyikan foto di iPhone agar rahasia Anda tetap aman tanpa takut ketahuan. Selamat mencoba.

Berita Terkait