Digitalisasi Kian Mendesak, Ashmore Suntik Bukalapak Rp50 Miliar

08 Desember 2020 23:30 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

bukalapak logo

JAKARTA – Perusahaan manajer investasi PT Ashmore Asset Management Indonesia (Persero) Tbk mengumumkan kemitraan strategis dengan PT Buka Investasi Bersama (BIB), anak perusahaan e-commerce Bukalapak. Ashmore akan menginvestasikan Rp50 miliar setara 20% saham di BIB.

BIB adalah agen penjual reksa dana berbasis online. Perusahaan ini didirkan pada Oktober 2020 dengan misi mendorong aktivitas investasi agar dapat diakses oleh semua kalangan.

Direktur Utama Ashmore Ronaldus Gandahusada mengatakan, kolaborasi ini merupakan langkah perusahaan dalam memperluas cakupan klien dengan basis digital. Hal itu dilakukan mengingat kini kebutuhan digitalisasi pada industri aset manajemen yang kian mendesak.

Terlebih di masa pandemi seperti sekarang, kata dia, saluran digital berpeluang untuk meningkatkan aksesibilitas klien secara langsung.

“Ada potensi yang signifikan di BukaReksa, platform reksa dana online yang menargetkan masyarakat tradisional yang kurang terlayani dengan layanan investasi. Dan juga kepada mereka yang ingin berinvestasi melalui teknologi yang mudah digunakan,” ujarnya di Jakarta, Selasa 8 Desember 2020.

President of Bukalapak sekaligus President Director BIB Teddy Oetomo menyebutkan pentingnya kolaborasi di era digital ini. Ia bilang sebagai bagian dari misi Bukalapak untuk menciptakan ekonomi yang adil bagi semua.

“Kemitraan dengan Ashmore ini membantu membuat kami lebih kuat, dan mempercepat upaya kami untuk mewujudkan misi kami yaitu membuat investasi dapat diakses oleh semua orang terutama segmen,” imbuhnya.

Kemitraan strategis ini turut mencakup perjanjian distribusi yang memberikan basis klien BukaReksa untuk mengakses ke berbagai produk reksa dana Ashmore. Investasi dan kolaborasi Ashmore diyakini akan mendukung perluasan visi Bukalapak dalam menciptakan inklusi keuangan.

Kolaborasi ini juga memiliki tujuan untuk menyediakan produk investasi dan konsultasi yang sesuai untuk segmen undeserved. Selain itu, Ashmore akan mendapatkan akses terhadap lebih dari 100 juta pelanggan Bukalapak yang terdaftar di seluruh Indonesia. (FYR)

Berita Terkait