Diambilalih Perusahaan Domestik, Saham Rig Tenders Indonesia (RIGS) Sentuh ARA

27 Agustus 2021 11:18 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Amirudin Zuhri

Karyawan melintas dengan latar layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Selasa, 27 Juli 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

JAKARTA – Scomi Marine Services Pte. Ltd. (SMS) akan menjual seluruh kepemilikan saham PT Rig Tenders Indonesia Tbk (RIGS) kepada PT Surya Indah Muara Pantai (SIMP). Dengan demikian, emiten penyedia jasa logistik kelautan ini bakal memiliki pengendali baru.

Presiden Direktur Rig Tenders Indonesia, Mastura Binti Mansor mengatakan bahwa SMS bermaksud mengalihkan seluruh kepemilikan sahamnya sebanyak 490.597.000 saham yang mewakili 80,54% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor perseroan, kepada SIMP.

Perseroan tidak menjelaskan berapa nilai transaksi pengambilalihan saham tersebut. Namun, jika merujuk harga saham RIGS pada penutupan perdagangan Kamis 26 Agustus 2021, di level Rp212 per lembar, maka nilai transaksi diproyeksikan senilai Rp104,01 miliar.

Usulan pengambilalihan atau rencana negosiasi pengambilalihan ini dituangkan dalam Conditional Share Purchase Agreement (CSPA) yang telah ditandatangani oleh SMS dan SIMP pada hari Kamis, 26 Agustus 2021.

Mastura menjelaskan, penyelesaian usulan atau rencana pengambilalihan akan dilaksanakan sesuai dengan seluruh ketentuan-ketentuan dan syarat pendahuluan sebagaimana diatur dalam CSPA, anggaran dasar perseroan, dan peraturan pasar modal yang berlaku.

“Dampak dari transaksi pengambilalihan ini adalah berubahnya status pemegang saham pengendali perseroan yang sebelumnya SMS menjadi SIMP setelah diselesaikannya rencana transaksi pengambilalihan tersebut,” ujarnya melalui keterbukaan informasi, Jumat, 27 Agustus 2021.

Ia menilai, dengan berubahnya status hukum perseroan dari perusahaan penanaman modal asing menjadi perusahaan penanaman modal dalam negeri, pihaknya dapat mengembangkan aktivitas bisnis yang sebelumnya terhambat dengan adanya asas cabotage law

“Hal ini akan memberikan dampak positif terhadap kinerja operasional dan keuangan Perseroan dan dapat meningkatkan profitabilitas perseroan,” tambahnya.

Pascapengumuman perjanjian tersebut, harga saham RIGS langsung melesat tajam pada perdagangan Jumat, 27 Agustus 2021. Sejak pembukaan sesi pertama, saham RIGS melonjak 24,53% menyentuh auto reject atas (ARA) ke level Rp264 per lembar.

Berita Terkait