Di Tengah Olimpiade, Tokyo Justru Cetak Rekor Baru Kasus COVID-19

27 Juli 2021 23:51 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Ilustrasi logo Olimpiade Tokyo 2020

JAKARTA - Tuan rumah Olimpiade, Tokyo melaporkan sebanyak 2.848 kasus infeksi COVID-19 baru pada hari Selasa, 27 Juli 2021.

Melansir dari laman The Independent, jumlah infeksi tersebut mencatat rekor tertinggi pada hari ke-4 Olimpiade, melebihi rekor sebelumnya yaitu 2.520 kasus dari 7 Januari.

Jumlah tersebut merupakan dua kali lipat jumlah kasus COVID-19 pada hari Senin, yaitu sebanyak 1.429, yang hampir dua kali lipat dari hari yang sama seminggu sebelumnya.

Rumah sakit di Tokyo dikabarkan telah menyediakan lebih banyak tempat tidur untuk pasien COVID-19 sebagai tanggapan atas adanya lonjakan kasus.

Adanya lonjakan kasus COVID-19 ini juga menimbulkan masalah bagi Olimpiade. Hal ini karena banyak orang Jepang yang khawatir terhadap kehadiran atlet ke Tokyo yang bisa menambah peningkatan kasus infeksi COVID019.

DIkutip dari The Independent, pengunjung Olimpiade diketahui telah membawa varian virus yang menyebar cepat ke negara yang hanya mendekati 25 persen yang divaksinasi penuh tersebut.

Penyelenggara Olimpiade telah melaporkan sebanyak 16 kasus baru terkait Olimpiade pada hari Senin lalu, sehingga total kasus positif sejak 1 Juli menjadi 148.

Tak hanya itu, beberapa atlet harus menarik diri dari pertandingan, usai terinfeksi.

Sebagai tindakan pencegahan, penyelenggara Olimpiade juga telah memutuskan untuk melarang penonton untuk datang. Medali untuk para pemenang juga diserahkan di atas nampan, sesuai dengan protokol COVID-19.
 

Berita Terkait