Deretan Film Ini Batal Tayang di Bioskop

JAKARTA – Merebaknya pandemi virus corona (COVID-19) mengakibatkan penutupan sejumlah industri hiburan, tak terkecuali bioskop.

Kebijakan pemerintah tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisasi penyebaran virus sehingga diharapkan tak menambah daftar panjang pasien terkonfirmasi COVID-19.

Meskipun demikian, setelah masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dilonggarkan, bioskop-bioskop di Tanah Air awalnya akan kembali beroperasi mulai 29 Juli 2020. Namun, kembali diundur hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Deretan film baik lokal maupun mancanegara sudah ditunggu-tunggu, terutama oleh pecinta film. Kendati bioskop sudah akan dibuka, namun beberapa film berikut diumumkan batal tayang atau berubah jadwal perilisan demi mengurangi penyebaran COVID-19.

Alternatif lain pun diambil dengan cara mengalihkan penayangan yang semula di bioskop, ke layanan digital. Berikut daftar film yang batal rilis di bioskop.

The SpongeBob Movie: Sponge on the Run

Film yang diproduksi oleh Paramount Pictures dan Nickelodeon ini batal tayang di bioskop tahun ini. Sebagai gantinya, film tersebut akan tersedia di sejumlah layanan sewa digital, misalnya ViacomCBS, pada awal tahun depan.

Wakil Presiden Eksekutif Nickelodeon Animation Production and Development Ramsey Naito mengatakan, rilis film akan dilakukan serentak dengan seluruh musim seri SpongeBob SquarePants.

“Kami senang memberi anak-anak dan keluarga tontonan yang layak, lalu merilis premium Video On-demand (PVOD) beserta semua musim serial di CBS All Acces,” katanya dikutip Variety, kemarin.

Sponge on the Run yang disutradarai oleh Tim Hill ini merupakan film SpongeBob ketiga setelah The SpongeBob SquarePants Movie (2004), dan The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water (2005). Film-film tersebut ditayangkan secara komersial dan menghasilkan lebih dari US$450 juta secara global.

SCOBB!

Film animasi tentang Scooby-Doo dan kawan-kawan ini batal tayang dari jadwal yang ditayangkan, yakni 15 Mei 2020.

Namun, Warner Bros mengambil langkah dengan menjualnya dalam versi video on demand (VOD).

“Kami harus tetap memikirkan cara yang kreatif untuk mendistribusikan konten di masa-masa yang tak terduga,” ungkap CEO Warner Bros Ann Sarnoff dilansir Variety, Rabu, 22 Juli 2020.

The Lovebirds

Film yang batal tayang di bioskop ini dapat dinikmati oleh penonton melalui layanan streaming Netflix. Semula, The Lovebirds dijadwalkan tayang pada 14 Maret di SXSW dan secara global pada 3 April.

Namun, rencananya tersebut tidak terlaksana karena pandemi COVID-19 sehingga Netflix mengambilnya sebagai langkah penjualan.

Trolls World Tour

Film yang disutradari oleh Walt Dohrn ini dijual tanpa melalui jalur biskop, melainkan lewar VOD di layanan streaming Amzon Prime, Comcast, Apple, Vudu, Spectrum, dan FandangoNOW.

Pendapatan yang diperoleh pun tak main-main, yakni lebih dari US$100 juta dalam 10 hari pascarilis.

Artemis Fowl

Salah satu film andalan Disney ini dirilis di Disney+, layanan streaming digital milik mereka. Pada mulanya, jadwal tayang direncanakan Mei mendatang, akan tetapi setelah diputuskan untuk tayang secara digital, penonton pun dapat menikmati film ini sejak 12 Juni 2020 yang lalu. (SKO)

Tags:
bioskopCovid-19Filmfilm hollywood 2020film yang akan rilis 2020netflixPembukaan bioskopPSBB
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: