Demi Akuisisi Cozmo Service Apartments, Jasnita Gelar Rights Issue 406 Juta Saham

04 Agustus 2021 16:33 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Amirudin Zuhri

Awak media mengambil gambar layar monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat 5 Juni 2020. IHSG ditutup menguat 0,63% atau 31,08 poin ke level 4.947,78 pada akhir perdagangan. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – Emiten peralatan telekomunikasi, PT Jasnita Telekomindo Tbk (JAST) berencana mengakuisisi perusahaan pengelola apartemen, PT Cozmo Service Apartments (CSA). Niat ini akan dimintakan persetujuannya dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 12 Agustus 2021. 

Akuisisi ini dilakukan melalui pelaksanaan penerbitan 406.813.350 lembar saham dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias rights issue dengan nilai nominal Rp100 per lembar yang disertai dengan penerbitan Waran Seri I yang dapat dikonversi menjadi 406.813.350 lembar saham.

Cozmo Service Apartments merupakan perseroan terbatas yang bergerak di bidang usaha pengelolaan unit rumah susun atau apartemen dan penunjang pengelolaannya seperti cleaning service, keamanan, katering, restoran, cafe, kolam renang dan pusat kebugaran. 

Perseroan bermaksud untuk melakukan pengambilalihan atas saham sebesar 98% saham yang dimiliki oleh Oakfield Group Limited (OGL) dalam CSA. Rencana pengambilalihan ini diharapkan dapat meningkatkan client base perseroan serta diversifikasi usahanya. 

Rencana transaksi ini juga diharapkan dapat meningkatkan client base data dalam pengembangan produk digital seperti smart city dan smart home yang sedang dikembangkan oleh perseroan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan sinergi yang lebih kuat dan efisien agar mampu bersaing dengan perusahaan lain.

Di sisi lain, produk JAST lainnya juga telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar pada tahun 2021, seperti Jascloud oleh Grab, Whatsapp Business oleh Tapera dan Dekoruma, Call Center oleh Bentoel (British American Tobaco Indonesia), dan lainnya. 

Dengan dilakukannya rencana transaksi ini, potensi sinergi JAST dengan CSA diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kinerja keuangan konsolidasian perseroan di masa yang akan datang yang pada akhirnya memberikan nilai tambah bagi seluruh pemegang saham perseroan.

Berita Terkait