Dekat Kota Mandiri, Cisauk dan Curug Semakin Diburu Pembeli

16 Juni 2021 23:34 WIB

Penulis: Reza Pahlevi

Ilustrasi properti. / Id.pinterest.com

JAKARTA – Riset situs jual beli properti Rumah.com menyatakan Cisauk dan Curug di Kabupaten Tangerang menjadi area prospektif bagi pembeli rumah. Ini berkat kedua lokasi ini terletak bersebelahan dengan kawasan hunian terpadu yang sudah mapan.

Cisauk memang diapit oleh Kecamatan Pagedangan dan Kecamatan Serpong yang terdapat kawasan kota mandiri BSD City. Meski strategis, harga rumah di Cisauk relatif terjangkau jika dibandingkan dengan harga kedua kawasan tersebut.

“Baik di Pagedangan maupun di Serpong, masyarakat bisa mendapatkan fasilitas umum dengan kualitas baik, mulai dari mal, rumah sakit, pusat perbelanjaan, maupun sekolah,” ujar Country Manager Rumah.com Marine Novita dalam siaran pers yang diterima TrenAsia.com, Rabu, 16 Juni 2021.

Marine menjelaskan hanya butuh 5 kiloemeter (km) berkendara menuju Eka Hospital BSD, lalu hanya 3 km menuju AEON Mall. Selain itu, jarak ke gerbang tol terdekat pun hanya sekitar 3 km. Tol ini terhubung langsung ke bandara dan lingkar luar Jakarta.

Harga properti di Cisauk masih relatif lebih murah jika dibandingkan dengan Pagedangan yang menjadi fokus pengembangan wilayah BSD City selanjutnya. Harga properti Cisauk pada kuartal I-2021 sekitar Rp7 juta per m2, 59% lebih rendah dari Pagedangan dan Serpong.

Riset Rumah.com juga menunjukkan harga properti di Cisauk saat ini sedang turun karena dampak pandemi. Pada 2020, harga properti di kawasan ini sempat mengalami kenaikan hingga 25% per tahun.

Sama halnya dengan Cisauk, Curug juga menjadi area yang prospektif karena bersebelahan dengan kecamatan Kelapa Dua. Ada dua kawasan kota mandiri di kecamatan ini, yaitu Gading Serpong dan Lippo Karawaci.

Dengan adanya dua kawasan kota mandiri yang sudah mapan tersebut, penghuni di Curug pun diuntungkan oleh kelengkapan fasilitas umum yang ditawarkan dengan jarak tempuh berada pada kisaran 3 km hingga 5 km. Curug juga memiliki pintu tol menuju Jakarta-Merak yang terhubung langsung dengan bandara dan lingkar luar Jakarta.

Marine menyimpulkan Cisauk dan Curug menjadi area yang prospektif untuk jangka panjang, terutama Cisauk. Dirinya yakin pengembang dan investor akan kembali melirik Cisauk karena letaknya yang strategis.

“Apalagi dengan adanya rencana jangka panjang pengembangan jalur MRT hingga ke arah Tangerang Selatan serta rencana pembangunan jalur tol Serpong-Balaraja yang melintasi kawasan Pagedangan,” jelasnya. (LRD)

Berita Terkait