Kisah Sukses UMKM: Awalnya Hobi, Mia Dulang Untung dari Usaha Buket Edelwaysbouquet

20 Januari 2023 18:45 WIB

Penulis: Rumpi Rahayu

Editor: Yosi Winosa

Kisah Sukses UMKM : Dari Hobi jadi Rezeki, Kisah Mia Merintis Usaha Buket Edelwaysbouquet (Instagram / edelwaysbouquet)

JAKARTA - Buket adalah kerajinan tangan yang berupa sebuah rangkaian bunga atau kumpulan beberapa jenis dedaunan yang disusun dalam bentuk kreatif. Seiring banyaknya minat konsumen, banyak pula pengusaha buket yang mulai memodifikasi produknya tidak hanya menggunakan bunga atau daun saja tetapi juga menggunakan uang, snack, boneka, hingga rokok.

Usaha buket memang memiliki potensi yang bagus, peluang inilah yang akhirnya diambil oleh seorang mahasiswi tahun akhir di UIN Raden Mas Said Surakarta bernama Krismianti Pandu Listyani atau kerap disapa Mia. Perempuan kelahiran Klaten, 14 Agustus 1998 ini memang sudah memiliki minat yang besar di dunia seni. Tak ayal hobinyapun masih berkutat di bidang seni seperti menyanyi, bermain alat musik hingga membuat kerajinan.

Bisnis yang Mia rintis ini bernama edelwaysbouquet. Beralamat di Lumbung Kerep, Wonosari, Klaten bisnis ini tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan tempat di hati pelanggannya karena kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau. Awal mula Mia membuka edelwaysbouquet ini adalah ketika waktu itu di awal tahun 2022 saudaranya meminta ia untuk membuatkan buket bunga. Akhirnya ia membeli bahan-bahan untuk membuat buket di toko floris dekat rumahnya. 

Iseng-iseng saja, ia memfoto hasil karyanya tersebut dan mempostignya di WhatsApp story. Tak disangka respon dari teman-temannyapun sangat bagus. Banyak yang meminta ia untuk membuka PO ( purchase order ) buket. Disitulah awal mula ia menjadikan bisnis ini sebagai usaha sampingan sembari menyelesaikan tugas akhir skripsinya. 

Semakin antusias, Mia mendapatkan pesanan pertama buket dari temannya sendiri, dari situlah ia mulai memiliki foto-foto buket untuk akhirnya ia jadikan katalog dan branding bisnisnya di berbagai sosial media seperti WhatsApp dan Instagram.

Buket Bunga / Instagram edelwaysbouquet

Jenis-jenis produk buket yang ada di edelwaysbouquet sangat beragam seperti buket rokok, buket bunga fresh, buket bunga kering, buket bunga artificial, lampu akrilik, hampers yang bisa diisi sesuai request, buket snack, buket uang, hingga buket boneka. Hampir semua produk edelwaysbouquet Mia kerjakan sesuai dengan permintaan dari customer mulai dari isian, bahan, hingga konsep pemilihan warna. Sehingga harga yang dibandrolpun beragam mulai dari Rp.10 ribuan saja hingga ratusan ribu.

Buket Uang / Instagram edelwaysbouquet

Roda memang selalu berputar, banyak jatuh bangun yang Mia rasakan ketika membawa bisnis edelwaysbouquetnya ini kurang lebih selama satu tahun. Dalam wawancaranya dengan TrenAsia, ia mengungkapkan bahwa kendalanya dalam menjalankan bisnis biasanya adalah pesanan dadakan dengan bahan-bahan yang tidak ready stock

Di sinilah biasanya Mia memutar otak agar tidak mengecewakan pelanggan. Biasanya jika masih memungkinkan Mia akan tetap berusaha untuk mencarikan bahan sesuai permintaan customer, tetapi jika sudah tidak memungkinkan, biasanya ia akan menawarkan opsi lain kepada customer

Snack Tower / Instagram edelwaysbouquet

Seperti mengganti bahan dengan yang ada. Mia juga mengungkapkan harapan kedepannya untuk edelwaysbouquet. Ia berharap edelwaysbouquet akan semakin berkembang, dan ia ingin segera memiliki toko florist agar bisa menyetok bunga fresh sendiri.

Akrilik / Instagram edelwaysbouquet

Bagi Kamu yang berminat untuk memesan produk edelwaysbouquet silahkan DM (direct message) melalui akun instagram @edelwaysbouquet atau langsung mengirim pesan ke WhatsApp 0858-0481-4816.

Edelwaysbouquet juga menerima pemesanan dengan pilihan pengiriman ambil di rumah, COD, antar sampai rumah, hingga melalui layanan gosend. Untuk pembayarannyapun terhitung sangat mudah, Kamu dapat membayar pesanan melalui cash, shopeepay, dana hingga transfer bank.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai kisah sukses UMKM buket edelwaysbouquet. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait