Dampak Resesi Hingga Vlog Puan Dengan Jokowi, Ini 9 Isu Trending Hari Ini

22 Juni 2022 18:45 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Fakhri Rezy

Kantor Kementerian Keuangan RI di Jakarta Pusat, DKI Jakarta. (Kementerian Keuangan RI)

JAKARTA - Sejumlah isu mewarnai pemberitaan hari ini, Rabu, 20 Juni 2022. Mulai dari isu ekonomi, umum, hingga selebriti.

Berdasarkan hasil monitoring harian yang dilakukan tim TrenAsia.com, berikut rangkuman 9 isu trending yang tayang di sejumlah kanal publikasi seperti media cetak, online, dan media sosial hari ini.

1. Dampak Resesi AS ke Ekonomi Indonesia Versi Kemenkeu

Kementerian Keuangan mewaspadai dampak resesi ekonomi Amerika Serikat pada tahun depan yang akan menekan kinerja ekonomi dalam negeri. Di tengah kondisi resesi Amerika, Kemenkeu optimistis pertumbuhan ekonomi RI masih bisa mencapai target rentang 5,3%-5,9% pada tahun depan.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan Amerika merupakan negara dengan perekonomian terbesar dunia.

Jika Amerika menghadapi resesi, maka akan berpengaruh ke seluruh negara dunia, termasuk Indonesia. Ia mengatakan pihaknya akan terus memantau perkembangan risiko resesi tersebut secara mendetail.

2. Jokowi Sebut 42 Negara Dipastikan Menuju Ambruk

Presiden Jokowi mengatakan, ekonomi 60 negara di dunia akan ambruk akibat terdampak pandemi dan krisis ekonomi.

Perkiraan ini berdasarkan perhitungan organisasi bank dunia, dana moneter dunia (IMF), dan PBB. Oleh karenanya, Jokowi meminta agar Indonesia senantiasa berjaga-jaga, hati-hati, dan waspada.

Jokowi menekankan, Indonesia saat ini tidak berada pada posisi normal. Dia mengingatkan, begitu krisis keuangan masuk ke krisis pangan, masuk ke krisis energi kondisinya akan semakin mengerikan.

3. BTN Cetak Laba Bersih Rp 1 T, Tumbuh Hampir 50%

Industri perbankan mulai mencatatkan kinerja yang cemerlang. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) periode Mei 2022 mencatat pendapatan laba bersih Rp 1,06 triliun atau tumbuh 49,19% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

Dikutip dari laporan keuangan bulanan, penyumbang kenaikan laba bersih adalah pendapatan bunga bersih yang mencapai Rp 5,9 triliun atau naik 25,95% yoy dari Rp 4,86 triliun pada bulan yang sama tahun sebelumnya. 
Periode Mei 2022 total aset BTN mencapai Rp 374,27 triliun atau naik 4,25% yoy dari Rp 359 triliun.

Kenaikan tersebut didorong posisi kredit dan dana pihak ketiga (DPK) yang naik masing-masing sebesar 6,33% yoy dan 7,56% yoy. Hingga akhir tahun BTN membidik laba bersih tumbuh di level 12%-14%.

4. Gaet Bisnis Diaspora di Hong Kong, BNI Dorong UMKM Jawa Barat Tembus Pasar Global

Kondisi tren pertumbuhan ekonomi global yang kembali menguat di tahun 2022 dan seiring kondisi pandemi Covid-19 yang semakin terkendali, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) terus memperkuat memperkuat global capabilities di era next-normal.

Salah satunya melalui ekspansi kemitraan dan pengembangan kapasitas debitur UMKM berorientasi Ekspor-Impor.

Teranyar, BNI menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT. Forever Harvest Success yakni perwakilan perusahaan perusahaan Diaspora Indonesia di Hong Kong yang merupakan supplier wholesale dari 80 toko ritel rekanan di Hong Kong, yakni Forever Harvest Co., Ltd.

5. BEI Gelar RUPST pada 29 Juni, Kukuhkan Iman Rachman Jadi Dirut

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Rabu, 29 Juni 2022. 
Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi mengatakan, salah satu mata acara rapat adalah pengangkatan direksi terpilih untuk masa bakti 2022 - 2026.

Selain penetapan direksi, Hasan merinci sejumlah agenda RUPST BEI lainnya yakni penyampaian laporan pertanggungjawaban pengelolaan BEI tahun 2021, pengesahan dan persetujuan laporan keuangan tahun 2021, hingga laporan pertanggungjawaban dari pengawasan Dewan Komisaris untuk tahun buku 2021.

6. PT Arkora Hydro Berencana IPO, Bidik Dana Segar Rp 179,7 Miliar

PT Arkora Hydro Tbk (ARKO) berencana melakukan pencatatan perdana saham atau Initial Public Offering (IPO).

Emiten yang fokus pada pengembangan energi baru terbarukan (EBT) ini berencana melepas 579 juta saham baru pada 4 – 6 Juli 2022. Direktur Utama ARKO, Aldo Artoko mengatakan, jumlah saham yang ditawarkan oleh perseroan tersebut mewakili 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor ARKO setelah IPO saham.

Adapun harga IPO berada di rentang Rp 286 sampai Rp 310 per saham, dengan target perolehan dana Rp Rp 165,85 miliar sampai dengan Rp 179,77 miliar.

7. Rumah Yusuf Mansur Digeruduk soal Investasi Miliaran

Sebanyak 30 orang mendatangi rumah Yusuf Mansur. Mereka adalah pengurus dan jemaah Masjid Darussalam Kota Wisata, Bogor. 
Sayangnya, kedatangan mereka tak membuahkan hasil. Selama 1,5 jam menunggu, ternyata Yusuf Mansur tak kunjung menemui mereka.

Menurut penuturan dari Sekretaris Yayasan Pelita Lima Pilar, Herry M Joesoef, puluhan orang tersebut menuntut Ustaz Yusuf Mansur untuk berdiskusi bersama mereka. Diketahui, yayasan tersebut mendampingi para jemaah dalam menyelesaikan permasalahan itu.

Herry pun membeberkan peristiwa penggerudukan tersebut. Tujuan penggerudukan yang mereka lakukan adalah untuk meminta kejelasan dari program investasi yang diikuti hingga 250 pengurus dan jemaah masjid.

8. Dishub DKI Terbitkan SK Tarif Khusus MRT, LRT dan TransJ saat HUT ke-495 Jakarta

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor e-0076 Tahun 2022. SK yang ditandatangani pada 21 Juni 2022 itu mengatur tarif khusus untuk transportasi umum MRT, LRT dan Transjakarta dalam rangka HUT DKI Jakarta.

Dalam SK tersebut, tarif MRT, LRT dan Transjakarta saat HUT ke-495 Jakarta pada 22 Juni 2022 diputuskan sebesar Rp 0.00 atau nol rupiah.

Hal serupa juga berlaku bagi layanan Mikrotrans, layanan rusun, bus wisata, Transjakarta Cares dan penugasan transportasi Jakarta lainnya. Tarif khusus ini berlaku mulai 22 Juni 2022 dari Pukul 00.00 sampai dengan pukul 23.59 WIB.

Meski begitu, tidak semua layanan yang tertuang di SK itu bisa menerapkan tarif Rp 0. Transjakarta misalnya, mereka menerapkan tarif Rp 1 untuk semua layanannya kecuali Royaltrans dan Mikrotrans.

9. Puan Asyik Ngevlog di Depan Jokowi dan Mega, Etika Jadi Sorotan Netizen

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mendapat sorotan publik lantaran asyik ngevlog di depan Presiden Joko Widodo .

Tindakan Puan itu dinilai tidak menghormati Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia. Video Puan asyik ngevlog diketahui dari unggahan di akun resmi Instagram milik Ketua DPR.
 

Berita Terkait