Cuitan Paling Berpengaruh Elon Musk pada 2021

29 Desember 2021 12:00 WIB

Penulis: Fadel Surur

Editor: Vega Aulia

Elon Musk terkenal karena cuitannya di Twitter yang mampu memengaruhi pasar. (Instagram @Elonmusk)

JAKARTA - Selain terkenal sebagai CEO perusahaan besar seperti Tesla dan SpaceX, Elon Musk terkenal karena cuitannya di Twitter yang mampu memengaruhi pasar. 

Elon yang tahun ini dinobatkan sebagai Person of the Year oleh majalah TIME dikenal mampu menimbulkan kontroversi melalui Twitter, sarana komunikasi favoritnya.

Pria berusia 50 tahun ini memiliki 67 juta pengikut di Twitter serta reputasi untuk menggerakkan pasar dan menjadi berita utama dengan tweet-nya yang seringkali hanya lelucon.

Berikut adalah beberapa tweet Elon yang berpengaruh besar terhadap pasar sepanjang tahun 2021.

 

Cuitan Elon pada 27 Januari 2021 ini mengacu pada lonjakan yang dialami oleh retailer video game asal A.S., GameStop. Ia memasukkan tautan ke Wall Street Bets, sebuah subreddit yang mendukung GameStop. 

"Stonks" adalah istilah nyeleneh untuk saham yang banyak digunakan di media sosial. Berkat cuitannya, saham GameStop melonjak lebih dari 50% seperti dikutip TrenAsia.com dari Gadgets360 pada 28 Desember 2021.

Saat itu, saham GameStop mengalami lonjakan setelah Chamath Palihapitiya dari Social Capital mengatakan dalam sebuah tweet bahwa ia membeli opsi beli GameStop, bertaruh saham akan naik lebih tinggi. Saham GameStop ditutup naik 92,7% dalam lonjakan selama beberapa hari.

 

Rentetan tweet yang ditulis oleh Elon ini mengakibatkan harga Dogecoin meningkat sebanyak 60% seperti dikutip TrenAsia.com dari Reuters pada 28 Desember 2021. 

Dogecoin, yang menggunakan meme anjing shiba inu sebagai logonya, dimulai pada tahun 2013 sebagai lelucon. Dogecoin diawali setelah penemuan bitcoin memicu gelombang cryptocurrency tiruan. Namun, lelucon itu berhasil, dan koin tersebut memiliki nilai pasar US$6,3 miliar saat itu. 

Elon menyebut dirinya sebagai “dogefather” dalam sebuah tweet untuk mempromosikan kehadirannya dalam acara “Saturday Night Live.” Berkat cuitan itu, harga dogecoin mengalami kenaikan hampir 30%. 

Saat si Dogefather memulai penampilan perdananya di SNL, dogecoin justru anjlok hingga 29,5% seperti dikutip TrenAsia.com dari CNBC pada 28 Desember 2021. 

 

Meskipun sempat dianggap candaan, Elon mewujudkan keinginannya untuk membawa dogecoin ke bulan. Melalui perusahaan luar angkasanya, SpaceX, ia mengumumkan misi “DOGE-1 Mission to the Moon”.

Cuitan Elon mengakibatkan kenaikan harga mata uang kripto itu sebesar 35% seperti dikutip TrenAsia.com dari Coin Telegraph pada 29 Desember 2021.

 

Beberapa bulan setelah mengumumkan bahwa perusahaannya, Tesla, akan menerima pembayaran dengan bitcoin, Elon membatalkan rencana itu. 

Dalam penjelasannya melalui Twitter, ia menyampaikan keprihatinannya terhadap penggunaan energi dan dampak terhadap lingkungan akibat pemrosesan transaksi dan penambangan bitcoin. Saham Tesla sempat turun ke 3,08% menurut Reuters.

Dalam polling yang diunggah di Twitter itu, ia berjanji akan mengikuti bagaimana pun hasilnya. Hasilnya saham Tesla pada bulan November anjlok paling banyak selama delapan bulan. Ia mengaku harus menjual saham Tesla sebanyak 10% karena pendapatannya selama ini menjadi sarana penghindaran pajak.

 

Pada hari Natal, Elon mengunggah foto anjingnya yang bernama Floki mengenakan kostum Sinterklas dengan caption “Floki Santa”. Hasilnya, sebuah mata uang kripto yang dinamai sama dengan nama anjing milik Elon, melonjak sampai 3.000% seperti dikutip dari New York Post oleh TrenAsia.com pada 29 Desember 2021. 

Berita Terkait