Cocok Buat Kaum Mager, Ini Daftar Kota Paling Dingin di Indonesia

13 September 2022 11:02 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

Nampak sejumlah petani sayur yang merawat tanaman di lahan milik PT Angkasa Pura Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Selasa 7 Juni 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

JAKARTA- Indonesia menjadi salah satu negara yang terletak di khatulistiwa. Karena itu, Indonesia memiliki iklim tropis dengan rentang cuaca kisaran 28-35 derajat celcius.

Lantaran tergolong panas, sejumlah masyarakat indonesia membutuhkan AC atau kipas angin untuk mengurangi rasa gerah. Pendingin ini senantiasa diletakkan di mana saja, baik rumah maupun kantor.

Meski sebagian wilayah Indonesia beriklim tropis, sebagian kota lain terletak di dataran tinggi. Karenanya, kota ini terasa lebih sejuk dibandingkan kota lain yang letaknya lebih rendah. Saking dinginnya, AC dan kipas angin mungkin jarang digunakan di kota ini.

Berikut adalah daftar kota terdingin di Indoesia dikutip TrenAsia.com dari berbagai sumber.

1. Mamasa, Sulawesi Barat

Salah satu kota di Sulawesi Barat, Mamasa yang diketahui memiliki suhu yang cukup dingin. 

Daerah yang satu ini dilaporkan berada di ketinggian 1.900 mdpl. Berdasarkan temperatur udara, suhu kota ini bisa mencapai 11 hingga 10 derajat celcius.

Kendati cukup dingin, tempat-tempat wisata di Kabupaten Mamasa terbilang ramai dikunjungi wisatawan. Sebab, Mamasa terkenal dengan agrowisata atau perkampungan tradisional.


2. Ciwidey, Bandung

Lokasinya yang asri dan sejuk serta dekat dari Jakarta, menjadikan wilayah Ciwidey menjadi lokasi wisata di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kota ini berada di ketinggian 1.628 mdpl dengan suhu mencapai 13 sampai 11 derajat celcius.

Sebagai saah satu kota terdingin di Indonesia, Ciwidey identik dengan sejumlah wisata alam seperti kawah putih dan situ patenggang.

3. Berastagi, Sumatera Utara

Berastagi merupakan daerah selanjutnya yang memiliki suhu udara cukup dingin.

Cuaca Kota Berastagi yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, ini dilaporkan bisa mencapai 16 sampai 10 derajat celcius. Kota ini berada di ketinggian 1.300 mdpl.

Lokasi yang kerap menambah adrenalin para wisatawan diketahui berada di Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Dua tempat wisata ini dianggap merupakan titik terdingin di Berastagi.

4. Kota Batu, Jawa Timur

Kota Batu yang terletak di Jawa Timur merupakan salah satu kota terdingin di Indoesia . Awalnya.  kota ini dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Malang.

Kota Batu  dilaporkan berada di ketinggian 700 sampai 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl).   Adapun suhu di kota tersebut ditaksir bisa mencapai 19 hingga 12 derajat celcius. Tak jarang, Kota Batu kerap didatangi wisatawan lokal maupun luar daerah karena memiliki tempat wisata dan bercuaca dingin.

5. Kota Mulia, Papua

Kota Mulia bisa dibilang nerupakan derah terdingin di Indonesia. Terletak di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Kota Mulia berada di ketinggian 2.448 mdpl. 

Suhu Kota Mulia dilaporkan mencapai 9 derajat celsius pada sang hati dan mencapai titik beku di malam hari. Meski begitu, penduduk setempat dikabarkan sudah terbiasa dengan cuaca dingin.

6. Waghete, Papua

Masih di wilayah Papua, ada kota yang dilaporkan cukup dingin, yaitu Waghete. 
Daerah ini merupakan sebuah desa di Kabupaten Deiyai yang ditaksir berada ditaksir bersuhu 15 hingga 10 derajat celcius.

Pada malam hari, suhu kita ini dikabarkan bisa di bawah 10 derajat celsius setiap tahunnya. 

7. Gayo Lues, Aceh

Berada di provinsi terbarat di Indonesia, ada kawasan Gayo Lues di Aceh menjadi kita terdingin lainnya di Indoensia.

Kota ini  memiliki suhu yang cukup dingin yaitu 17-10 derajat celcius. Meski tak banyak orang mengetahui daerah ini, namun daerah tersebut ternyata berada di ketinggian 1.000 mdpl.

Adapun lokasi paling dingin di Gayo Lues berada di pendakian Gunung Leuser.

Berita Terkait