Clubhouse Luncurkan Fitur Bahasa Indonesia dan Siapkan Bahasa Jawa

16 November 2021 15:33 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Laila Ramdhini

Aplikasi Clubhouse akhirnya hadir untuk Android/HT Tech

JAKARTA – Jenis jejaring sosial baru berbasis suara, Clubhouse, meluncurkan pengaturan Bahasa Indonesia. Clubhouse dalam waktu cepat juga akan menghadirkan pengaturan dengan Bahasa Jawa untuk komunitas di Indonesia. 

Co-founder & CEO Clubhouse Paul Davison mengatakan para Clubhousers Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi Clubhouse.

“Dengan menyediakan pengaturan Bahasa Indonesia di aplikasi Clubhouse, kami berharap komunitas di Indonesia dapat menikmati Clubhouse dengan lebih mudah,” kata Paul dalam konferensi pers, Selasa 16 November 2021.

Tahun ini, Clubhouse meluncurkan beberapa pembaruan, termasuk menghadirkan fitur Backchannel. Pada September 2021,  lebih dari 1 miliar pesan sudah terkirim melalui Backchannel. 

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur terbaru seperti Wave, Clubhouse Links, Clips, Pinned Links, dan Replays. Untuk pembaruan produk, Clubhouse juga menyediakan Pencarian Universal, Audio Spasial, Mode Musik, dan fitur Pembayaran. 

Clubhouse juga meluncurkan Creator Commons, sebuah platform yang memungkinkan para kreator dapat menemukan panduan yang mereka butuhkan untuk mendukung kesuksesan mereka di Clubhouse. Di sana terdapat juga tips-tips yang diberikan oleh Tim Clubhouse dan para kreator lainnya. 

“Saya berharap masyarakat Indonesia dapat terus menggunakan Clubhouse dengan baik untuk saling berkolaborasi, membangun relasi, menambah wawasan, dan menyebarkan dampak positif ke ranah yang lebih luas seperti menciptakan lapangan kerja dan menggerakkan ekonomi,” ujar Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Berita Terkait