Citilink Tetap Layani Penerbangan

April 27, 2020, 07:28 PM UTC

Penulis: Khoirul Anam

Maskapai penerbangan Citilink Indonesia. / Facebook @citilink

Menyusul ditutupnya sementara operasional penerbangan reguler dan charter penumpang dalam rangka penanggulangan COVID-19, maskapai penerbangan Citilink akan melayani pengiriman kargo saja.

Direktur Utama PT Citilink Indonesia Juliandra mengatakan layanan penerbangan kargo akan dilakukan untuk rute domestik maupun internasional.

“Citilink telah mengoperasikan penerbangan kargo secara penuh untuk membantu kelancaran proses distribusi logistik di berbagai wilayah,” ujarnya di Jakarta, Senin, 27 April 2020.

Layanan pengiriman kargo dilakukan melalui penerbangan kargo charter dan reguler dengan menghubungkan ke berbagai kota di antaranya Medan, Banjarmasin, Pontianak, Makassar. Selain itu, termasuk dengan jadwal-jadwal tertentu ke kota Manado, Balikpapan, Batam, Pekanbaru, Surabaya, Denpasar, Padang, Palembang, Kupang, serta rute internasional ke Singapura dan sejumlah kota di China.

Armada yang digunakan anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. itu untuk mengangkut kargo, yakni pesawat jenis Airbus A320 dengan kapasitas angkut kargo sebesar 15 ton dan Airbus A330 dengan kapasitas angkut kargo sebesar 24 ton.

Dalam rangka menjaga kebersihan dan sterilisasi kabin pesawat, maskapai penerbangan berbiaya rendah (low cost carrier/LCC) ini juga melakukan desinfeksi armada yang digunakan setiap harinya sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Proses desinfeksi dilakukan di area kabin maupun kompartemen untuk memastikan aspek kebersihan pada pesawat sehingga armada tetap higienis ketika melakukan pengiriman logistik ke berbagai daerah,” kata Juliandra. (SKO)