Ciputra Group Operasikan 210 Bed Isolasi COVID-19

May 01, 2020, 05:38 PM UTC

Penulis: Ananda Astri Dianka

Sumber: Dokumentasi Ciputra Group

JAKARTA – Ciputra Group melalui Ciputra Hospital Citra Garden City Jakarta Barat dan Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang siap mengoperasikan ruang isolasi bertekanan negatif dengan total kapasitas 210 tempat tidur (bed) untuk pasien COVID-19 per hari ini.

Manajemen PT Ciputra Residence bersama Ciputra Hospital membentuk tim percepatan penambahan ruang isolasi sebanyak 81 bed di Ciputra Hospital Citra Garden City (total menjadi 123 bed). Selain itu, ada tenda besar darurat untuk tambahan ruang isolasi di Ciputra Hospital CitraRaya dengan kapasitas 72 bed (total menjadi 87 bed).

“Kami menambah fasilitas ruang isolasi serta alat medis di Ciputra Hospital Citra Garden City dan Ciputra Hospital CitraRaya yang siap beroperasi penuh pada 1 Mei 2020 untuk merawat pasien COVID-19,” kata Managing Director Ciputra Group, Budiarsa Sastrawinata kepada wartawan di Jakarta, Kamis (30/4/2020).

Sebelumnya secara bertahap sudah beroperasi 42 bed di Ciputra Hospital Citra Garden City dan 15 bed di Ciputra Hospital Citra Raya untuk menangani pasien COVID-19. Sedangkan seluruh 210 bed siap dioperasikan penuh pada 1 Mei mendatang.

Ditunjuk Pemprov

Adapun, kedua rumah sakit Ciputra tersebut telah ditunjuk Dinas Kesehatan Propinsi sebagai RS Jejaring Pelayanan COVID-19 untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Banten. Sebagai salah satu RS jejaring, Ciputra Hospital memiliki standar fasiltas yang sesuai dengan petunjuk teknis sarana, prasarana dan bangunan untuk manajemen pasien COVID-19.

Untuk biaya perawatan, manajemen rumah sakit merujuk pada Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/238/2020 Tentang Petunjuk Teknis Klaim Penggantian Biaya Perawatan Pasien COVID-19. Artinya, pasien tidak perlu membayar sejak awal dirawat.

Kesiapan ruang isolasi Ciputra Hospital telah dilengkapi tenaga medis dengan alat pelindung diri (APD) yang jumlahnya memadai menggunakan standar WHO dari level 1 hingga level 3 dan tetap menjaga kewaspadaan berbasis transmisi seperti transmisi kontak (contact), percikan (droplet), dan udara (airbone).

Ciputra Hospital juga memberikan pelayanan penjemputan dengan mobil ambulans secara gratis apabila pasien berada dalam radius 5 kilometer dari Ciputra Hospital. Selanjutnya, pihak Ciputra Hospital juga menyediakan pelayanan berupa rapid test dan swab test.

“Khusus rapid test, dalam waktu dekat pihak Ciputra Hospital akan melayani sistem drive thru bagi masyarakat umum.”