Cemas Kehilangan Pekerjaan? Ikuti Langkah Ini Sekarang

JAKARTA – Banyak orang kehilangan pekerjaan selama pandemi Covid-19 ini. Situasi ini mungkin sudah menimpa Anda atau membuat Anda khawatir akan kehilangan pekerjaan.

Data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sampai dengan Selasa, 2 Juni 2020, menyebut jumlah pekerja Indonesia yang terdampak PHK dan dirumahkan sebanyak 3,05 juta jiwa. Jumlah tersebut meningkat dari data per 20 April 2020 sebanyak 3 juta orang.

Jumlah tersebut kemungkinan bertambah selama pandemi Covid-19 ini. Jika Anda khawatir terhadap kemungkinan Anda kehilangan pekerjaan, berikut lima rekomendasi langkah yang bisa Anda ambil, dirangkum dari Kiplinger:

Evaluasi Pengeluaran

Tahukah Anda berapa banyak uang yang Anda habiskan setiap bulan? Untuk memastikannya, luangkan waktu untuk mengevaluasi anggaran Anda atau keluarga Anda.

Hitung berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk membayar pengeluaran penting seperti makanan, utilitas, serta pembayaran kredit dan asuransi. Lantas, cari tahu pos-pos anggaran yang dapat Anda kurangi dalam waktu dekat.

Tingkatkan Cadangan Uang

Jumlah yang bijaksana untuk disimpan dalam bentuk cadangan tunai biasanya setara dengan biaya hidup 6 sampai 12 bulan. Dalam lingkungan ekonomi sekarang ini, sebaiknya Anda mengambil langkah-langkah untuk memastikan diri menghadapi keadaan darurat.

Jika Anda memiliki sedikit saldo, sebaiknya tidak membelanjakan uang tersebut untuk kepentingan yang tidak mendasar, misal membeli gadget baru di kala gadget sekarang masih bisa digunakan.

Menyisihkan uang tunai memang menjadi tantangan bagi kebanyakan orang, tetapi langkah sederhana ini dapat membantu mengurangi tekanan di bidang lain kehidupan Anda.

Meski Anda khawatir akan kehilangan pekerjaan, usahakan untuk tidak menggagalkan rencana pensiun Anda.

Susun Likuiditas

Apakah Anda tahu di mana mendapatkan uang tambahan jika Anda harus menghadapi kesulitan keuangan?

Setelah menetapkan dana darurat Anda, segalanya mulai menjadi sedikit lebih rumit memang. Namun, cobalah memikirkan cara lain untuk meningkatkan likuiditas.

Anda bisa menjual barang yang tidak lagi dipakai dengan harga miring atau mencari pendapatan tambahan lainnya.

Kontak Kawan dan Kolega

Menghubungi orang dalam jaringan Anda dan mengetahui dampak yang mereka alami dapat membantu Anda membuat koneksi untuk peluang kerja baru.

Kolega lama dapat membantu Anda memahami bagaimana bidang pekerjaan berubah dan mengingatkan Anda akan peluang baru yang tidak Anda ketahui sebelumnya.

Anda juga dapat menghubungi teman yang Anda kenal telah memulai pekerjaan baru dalam setahun terakhir. Minta teman Anda menghubungkan Anda dengan perekrut yang mungkin telah membantu mereka menemukan peluang baru.

Kuncinya adalah rajin melakukan pendekatan. Rencanakan untuk menghubungi dua atau tiga orang dalam seminggu untuk membangun relasi yang lebih baik.

Tags:
Dana pensiunkehilangan pekerjaanKementerian KetenagakerjaanKemnakerLikuiditas Perbankanphktabungantips keuangan
%d blogger menyukai ini: