Cegah Kekeringan, Jokowi Resmikan 4 Embung di Jawa Tengah

14 Desember 2021 22:30 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Rizky C. Septania

Jokowi resmikan 4 Embung di Jawa Tengah sebagai perairan sawah disekitarnya hingga tempat pariwisata (Kemenkeu.go.id)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan 4 embung di Jawa Tengah, ditemani oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dilansir dari keterangan resmi Kementerian PUPR, Selasa, 14 Desember 2021 dikatakan bahwa empat embung yang diresmikan merupakan bagian dari 66 embung yang dibangun pada 2021 oleh Menteri PUPR. 

Masing-masing embung yang sudah didirikan memiliki fungsinya untuk membantu produktivitas pertanian disekitaran embung.

“Kita harapkan dengan siapnya embung-embung yang ada, produktivitas pertanian jadi lebih baik. Air embung juga bisa dimanfaatkan untuk air baku di rumah masyarakat dan pariwisata,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Empat embung yang baru diresmikan diantaranya Embung Bensari di Kabupaten Temanggung. Lalu ada Embung Tlogoguwo di Kabupaten Purworejo, Embung Pagergunung di Kabupaten Magelang dan Embung Dukun di Kabupaten Magelang.

Sebelumnya sudah ada Embung Muruy di Kabupaten Pandeglang, Embung Pangkalan di Cilacap dan embung lainnya milik Kementerian PUPR yang sudah diresmikan lebih dulu.

Lebih lanjut, Kementerian PUPR Kabinet Jokowi memiliki target untuk membangun 1000 embung baru hingga 2025. Hal itu dilakukan sebagai upaya pengelolaan air untuk mencegah kekeringan.
 

Berita Terkait