Catat! Hari dan Waktu Tersibuk Belanja Online Warga +62

12 Agustus 2020 05:05 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Ilustrasi belanja online. / Foto: shutterstock

JAKARTA – Konsumen berbelanja online baik untuk membeli barang yang dibutuhkan maupun ketika memanfaatkan penawaran tertentu dari e-commerce. Namun, kapan sebenarnya waktu tersibuk yang biasa terjadi untuk belanja online?

Mengacu hasil riset yang dirilis oleh perusahaan financial technology (fintech)  PT FinAccel Teknologi Indonesia (Kredivo) bersama Katadata Insight Center disebutkan ada kecenderungan peningkatan jumlah transaksi online di akhir tahun. Puncak peningkatan ini terdapat pada Desember 2019 dengan jumlah transaksi lebih besar 22% terhadap jumlah transaksi rata-rata bulanan.

Hal tersebut juga mengindikasikan tren belanja online nasional di hari-hari spesial pada akhir tahun dan memicu bertambahnya jumlah pengguna yang bertransaksi di bulan-bulan tersebut.

Dalam sepekan, transaksi cenderung cukup merata di semua hari, dengan lonjakan kecil pada hari Selasa dan Jumat. Transaksi yang kecil pada hari Senin dapat disebabkan oleh kesibukan konsumen memulai rutinitas mingguan.

Selain itu, proporsi jumlah transaksi juga menurun pada akhir pekan. Salah satu kemungkinannya, konsumen yang didominasi oleh generasi Z dan milenial menghabiskan waktu untuk aktivitas lainnya seperti hang out atau belanja secara offline.

Meskipun jumlah transaksi menurun pada akhir pekan, nilai transaksi rata-ratanya justru lebih besar. Hal ini dapat diasumsikan bahwa konsumen membeli produk pada rentang harga yang lebih tinggi setelah mencari informasi pilihan barang dan harga terbaik.

Di sisi lain, nilai transaksi rata-rata pada Sabtu dan Minggu lebih tinggi 6% daripada Jumat dan 11% lebih tinggi jika dibandingkan dengan Senin. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh marketplace untuk menentukan strategi pemasaran, yaitu dengan menyiapkan promo atau diskon menarik pada akhir pekan untuk produk yang relatif lebih mahal.

Jam Belanja Paling Populer

Pola belanja online pada hari kerja juga terlihat berdasarkan jam transaksi. Pukul 9 pagi hingga pukul 3 siang merupakan rentang waktu tingginya transaksi. Sedangkan, lonjakan terbesar terjadi antara jam 11 pagi dan 1 siang.

Lalu terjadi juga peningkatan transaksi kedua pada pukul 7 hingga 9 malam. Namun lonjakannya lebih kecil dibandingkan dengan lonjakan di siang hari.

Konsumen cenderung melakukan transaksi pada jam istirahat siang dikarenakan banyaknya promosi atau biasa disebut dengan flash sale hours. Konsumen juga meluangkan waktu untuk belanja online sebelum jam istirahat malam. (SKO

Berita Terkait