Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Tabungan Setiap Bulan

02 September 2021 19:26 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Amirudin Zuhri

Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Tabungan Setiap Bulan (istimewa)

JAKARTA - Menabung merupakan hal penting . Apalagi saat pandemi COVID-19 seperti sekarang, tabungan merupakan hal yang sangat penting untuk kita miliki untuk tetap bertahan hidup.

Akan tetapi, Anda mungkin pernah bertanya, mengapa tabungan Anda tidak bertambah dengan cepat. Ternyata, ada solusi untuk mengatasi hal tersebut agar jumlah tabungan Anda meningkat setiap bulan. Simak penjelasan berikut ini.

1. Tetapkan Tujuan yang Wajar

Langkah pertama dalam mencapai tujuan menabung adalah menetapkan tujuan yang dapat dicapai dengan realistis. Anda bisa memulainya dengan menetapkan tujuan kecil terlebih dahulu seperti menghemat 10 persen dari penghasilan selama sebulan.

Menetapkan tujuan awal yang realistis akan meningkatkan keberhasilan Anda untuk menabung dan tidak akan membuat Anda kewalahan. Bahkan, setelah Anda dapat memenuhi tujuan tersebut selama beberapa bulan, Anda akan merasa lebih termotivasi dan mampu meningkatkan jumlah tabungan Anda.

2. Menabung dalam Kategori Tertentu

Setelah Anda mempunya anggaran keuangan yang solid, berusahalah untuk mengurangi pengeluaran kategori tertentu yang bukan merupakan kebutuhan pokok Anda. Berapapun uang yang Anda hemat dari pemotongan pengeluaran tersebut akan berkontribusi dalam bertambahnya jumlah tabungan.

Anda juga bisa mengurangi tagihan listrik dengan disiplin mematikan kipas angin dan lampu jika tidak digunakan. Anda juga bisa meminjam buku saja daripada harus membeli atau berlangganan.

3. Tetapkan Tujuan Keuangan

Jika Anda telah memiliki tujuan keuangan, Anda akan lebih bersemangat untuk meningkatkan jumlah tabungan. Hal ini juga akan memudahkan Anda untuk terbebas dari pengeluaran harian yang tidak perlu jika Anda tahu apa yang akan dapat Anda miliki di masa depan.

4. Temui Perencana Keuangan

Jika Anda mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi dan bagaimana cara untuk menabung, Anda bisa memperoleh bantuan dari perencana keuangan. Perencana keuangan akan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam kesehatan keuangan Anda. Selain itu, mereka juga bisa membantu Anda untuk membuat rencana pengelolaan uang, serta memberi tahu Anda jenis tabungan apa yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan.

5. Mulai Membangun Kekayaan

Jika Anda telah memiliki tabungan darurat dan mulai menabung untuk masa pensiun, jangan berhenti untuk menyisihkan uang setiap bulan. Sebaliknya, cobalah untuk membuat rencana menggunakan tabungan bulanan tersebut untuk membangun kekayaan, yaitu dengan mulai berinvestasi. Anda juga bisa menabung di reksa dana karena risikonya lebih rendah, dan bisa mempertahankan nilai uang Anda dalam jangka waktu yang lama.

Berita Terkait