Cara Menyimpan Daging Mentah di Kulkas Agar Awet Tahan Lama

20 Juli 2021 18:06 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Daging steak (Pixabay.com)

JAKARTA - Cara menyimpan daging mentah di kulkas agar awet merupakan hal yang sangat penting diketahui saat Hari Raya Idul Adha.

Hari Raya Idul Adha merupakan momen yang penting bagi umat muslim. Pada saat Idul Adha, terdapat tuntunan untuk menyembilh hewan kurban dan membagikannya kepada orang-orang yang membutuhkan.

Akan tetapi, bisa juga kita mendapatkan stok daging yang cukup banyak.

Tak jarang, stok daging tersebut tidak dapat segera dimasak sekaligus.

Oleh karena itu, cara yang paling mudah agar daging yang didapat tidak segera membusuk adalah dengan menyimpannya di kulkas.

Akan tetapi, penyimpanan daging di kulkas harus dilakukan secara hati-hati agar tetap awet tahan lama, dan kesegarannya tetap terjaga.

Saat Anda membekukan daging mentah, maka sebaiknya daging dikeluarkan dari kemasan sebelumnya terlebih dahulu, lalu masukkan ke dalam kantong plastik yang dapat ditutup kembali atau menggunakan kedap udara.

Jika Anda akan membekukannya selama lebih dari seminggu, bungkus setiap potongan daging dengan bungkus plastik, lalu masukkan ke dalam kantong yang dapat ditutup kembali.

Membungkus daging dalam porsi kecil memungkinkan Anda untuk mencairkan jumlah yang tepat yang Anda butuhkan dan menjaga sisanya tetap beku.

Sedangkan untuk daging giling mentah, simpan dalam kemasan aslinya kecuali Anda ingin membaginya terlebih dahulu. Untuk perlindungan ekstra dan pencegahan kontaminasi, simpan daging giling dalam kantong plastik.

Perlu diingat, sebaiknya Anda menyimpan daging di rak paling baawah dan jauh dari bahan makanan lainnya.

Untuk daging yang dimasak, Anda harus membiarkannya dingin terlebih dahulu, lalu iris, potong, dan hilangkan tulangnya terlebih dahulu. Kemudian, simpanlah dalam kantong plastik yang dapat ditutup kembali.

 

Berita Terkait