Cara Menghilangkan Kecemasan Saat Rapat Online

18 Juni 2021 17:32 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Cara menghilangkan kecemasan saat rapat online ketika WFH/freepik.com

JAKARTA – Pandemi COVID-19 telah melanda berbagai negara di seluruh dunia. Bahkan kini, kasus positif COVID-19 di Indonesia mulai naik. 

Melihat hal itu, banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan bekerja dari rumah untuk mengatasi penularan COVID-19 di lingkungan kerja.

Salah satu hal yang kerap dilakukan ketika bekerja dari rumah atau WFH adalah rapat secara daring atau online, untuk menggantikan rapat atau meeting secara langsung.

Meskipun bekerja dari rumah dapat membantu mengurangi peluang Anda terpapar COVID-19, hal itu menciptakan banyak tantangan baru, salah satunya adalah kecemasan ketika rapat online.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kecemasan saat rapat online, seperti yang dikutip dari Healthline.

Menurut penelitian melalui survei terhadap 2.066 penduduk Inggris yang bekerja di rumah, sebanyak 73 persen melaporkan bahwa mereka mengalami beberapa jenis kecemasan saat rapat secara online. 

Dibandingkan dengan rapat atau obrolan di tempat kerja yang lebih mudah, panggilan video sering kali menimbulkan potensi untuk sejumlah masalah, seperti:

  • masalah teknologi
  • kesulitan menafsirkan gerak tubuh atau nada suara orang lain
  • panggilan tak terduga yang mengganggu alur kerja Anda
  • kesulitan mengkomunikasikan ide dengan jelas atau membuat diri Anda didengar
  • kemungkinan hewan peliharaan, anak, atau pasangan masuk ke ruangan rapat tanpa pemberitahuan.

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi semua jenis kecemasan ini yaitu dengan mengetahui sumber masalahnya. Mengetahui apa yang memicu kecemasan pada umumnya akan memudahkan Anda menemukan cara yang bermanfaat untuk mengatasinya.

Saat Anda merasakan kecemasan, duduklah dan observasi lebih lanjut apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya, alih-alih mendorongnya menjauh.

Selain itu, ketika rapat secara online pada umumnya sering membuat perhatian teralihkan. Oleh karena itu, fokuskanlah perhatian Anda ketika rapat. Hal ini membuat pikiran Anda sibuk dan mencegah kekhawatiran Anda bahwa akan terdistraksi. 

Anda juga dapat melibatkan diri sepenuhnya dalam rapat, sehingga Anda mengetahui persis apa yang sedang terjadi, dan mencegah Anda terkena distraksi.

Setelah itu, Anda bisa beristirahat dengan mematikan kamera, lalu meregangkan tubuh. Istirahatkan mata Anda dengan memandang jendela selama 2 menit, lalu carilah posisi duduk yang nyaman.

Berita Terkait