Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi yang Tidak Sedap

23 Juni 2021 22:08 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Inilah cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau kamar mandi yang tidak sedap/freepik.com

JAKARTA – Terlepas dari seberapa mewah desain kamar mandi, kamar mandi merupakan ruangan tempat bau dapat menumpuk. Meskipun hal tersebut tidak menjadi masalah besar jika hanya ada Anda dan keluarga, bau kamar mandi bisa memalukan jika Anda sedang kedatangan tamu.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau kamar mandi yang tidak sedap. Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Berikan Penyegar Udara
    Penyegar udara yang beraroma wangi merupakan solusi yang praktis dalam keadaan darurat, apalagi jika aromanya kuat. Akan tetapi, penyegar udara bukan merupakan cara yang sehat untuk mengatasi bau kamar mandi, meskipun ada produk yang menggunakan bahan alami.
  2. Berikan Ventilasi yang Baik
    Semua kamar mandi membutuhkan ventilasi yang baik. Ventilasi berfungsi untuk memberikan udara segar dan menggerakkan udara sehingga dapat menghilangkan bau tak sedap. Selain itu, ventilasi yang baik juga mencegah timbulnya bau apek di kamar mandi.
  3. Jemur Handuk
    Salah satu penyebab bau kamar mandi yang kerap diabaikan adalah handuk yang kotor dan lembap. Jika handuk tidak cepat kering, maka dapat menjadi media tempat tumbuhnya bakteri dan jamur yang nantinya akan menimbulkan bau tak sedap.
    Oleh karena itu, sebaiknya jemur handuk Anda hingga kering lalu cucilah setidaknya seminggu sekali.
  1. Nyalakan Lilin
    Panas dan asap dari lilin dapat membantu menetralisir bau di kamar mandi. Lilin tanpa pewangi juga bekerja sama baiknya dengan lilin beraroma. Pastikan untuk mematikan lilin ketika Anda sudah tidak butuh dan tidak lagi di kamar mandi.
  2. Bersihkan Secara Teratur
    Kotoran yang menumpuk di bak mandi atau pancuran, noda di toilet, dan wastafel dapat menyebabkan bau jika tidak dibersihkan secara teratur.

    Bersihkan kamar mandi Anda setidaknya seminggu sekali, dengan pembersihan yang lebih menyeluruh setiap satu atau dua bulan sekali. Tidak hanya berguna untuk merawat kamar mandi, tetapi juga membantu mengurangi bau setiap hari.

Berita Terkait