Cara Mengetahui WhatsApp Disadap, Mudah dan Sederhana!

04 Oktober 2021 11:43 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Sukirno

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap, Mudah dan Sederhana! (Foto: Pixabay.com)

JAKARTA - WhatsApp kini menjadi salah satu aplikasi chat yang kerap digunakan oleh banyak orang. Tak heran jika kita mudah terhubung dengan banyak orang melalui WhatsApp ini. Akan tetapi, Anda juga harus tahu mengenai cara mengetahui WhatsApp disadap sehingga dapat mencegahnya.

Hal ini harus dilakukan agar Anda tidak mengalami risiko pesan sensitif Anda bocor ke orang lain. Hal tersebut tentunya juga akan mengganggu privasi Anda, apalagi jika dilakukan oleh orang yang tidak kita kenal.

Cara mengetahui WhatsApp disadap atau tidak, Anda bisa menggunakan situs WhatsApp Web. Jika Anda bisa langsung membuka WhatsApp Web dan bisa masuk tanpa melakukan scan barcode, hal itu dapat meningkatkan risiko chat Anda disadap.

Sebaiknya, Anda log out dari semua perangkat yang Anda gunakan setiap selesai menggunakannya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda cukup membuka menu WhatsApp, lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas. Kemudian, pilih opsi WhatsApp Web, lalu klik Log Out From All Devices.

Melalui pengaturan tersebut, Anda juga bisa mengetahui device apa saja yang sedang aktif mengakses chat WhatsApp Anda. Jika Anda sudah log out dari semua perangkat, maka akses di perangkat juga akan tercabut.

Setelah itu, sebaiknya Anda mulai mengaktifkan fitur WhatsApp Two-Step Verification. Fitur ini sebetulnya juga merupakan fitur asli dari aplikasi WhatsApp.

Caranya mudah, pertama klik Pengaturan atau Setting, lalu klik Account, lalu pilih Two-Step Verification, dan klik Enable.

Masukkan 6 digit kode yang ingin Anda gunakan sebagai kata sandi atau password saat akan masuk ke akun WhatsApp. Hal ini akan mencegah orang lain untuk melanggar privasi dengan masuk ke akun WhatsApp Anda.

Akan tetapi, tetapi ingat kata atau nomor sandi yang baru saja Anda buat agar Anda tetap bisa menggunakan WhatsApp seperti biasanya.

Itu tadi cara mengetahui WhatsApp disadap dan cara mencegahnya. Selamat mencoba.

Berita Terkait