Cara Mengatasi Jamur Hitam yang Muncul di Tembok Rumah

May 04, 2021, 06:45 PM UTC

Penulis: Justina Nur Landhiani

Ilustrasi cara mengatasi membersihkan jamur hitam di dinding/freepik.com

JAKARTA – Jamur berwarna hitam terkadang muncul di rumah. Jamur yang masuk dalam spesies Aspergillus ini bisa tumbuh di mana saja, seperti benda berbahan plastik, beton, dan peralatan rumah tangga.

Jika dibiarkan, jamur hitam yang muncul di tembok rumah bisa mengakibatkan masalah kesehatan serius, seperti batuk, hidung tersumbat, pilek, mata merah, kulit atau mata gatal, tenggorokan sakit atau gatal dan mimisan.

Untuk mencegah kesehatan menjadi memburuk karena jamur hitam yang muncul di te tembok rumah, Anda harus melakukan hal-hal sebagai berikut, seperti yang telah dilansir dari Roohome.

Identifikasi jamur hitam
Jamur hitam sering tumbuh di tempat yang lembap, tempat yang sering basah, atau tempat yang pernah terjadi kebocoran atau kerusakan air. Tempat umum untuk menemukan jamur hitam termasuk ruang bawah tanah, ruang merangkak, kamar mandi, dan ruang cuci.

Tutupi area tersebut
Untuk mencegah spora jamur menyebar dan menyebar di udara, Anda dapat menutup ruangan. Pasang lembaran plastik untuk menutupi pintu dan ventilasi yang mengarah ke area lain di rumah.

Buka jendela
Jamur itu sendiri dan produk pembersih yang Anda gunakan untuk membunuhnya dapat mengiritasi mata, kulit, dan paru-paru, jadi Anda harus menyediakan udara segar sebanyak mungkin.

Kenakan alat pelindung diri
Untuk melindungi diri Anda saat membersihkan, pertimbangkan untuk memakai alat pelindung

Jangan mencampur larutan pembersih
Anda harus memilih larutan pembersih untuk membunuh jamur, dan Anda harus tetap menggunakan pembersih itu. Mencampur bahan pembersih yang berbeda bisa sangat berbahaya, dan Anda dapat menciptakan reaksi kimia yang tidak terduga.

Pertimbangkan untuk mengganti bahan penyerap
Menghilangkan jamur dari bahan penyerap bisa jadi sangat sulit. Sebaliknya, sebagian besar profesional akan merekomendasikan Anda untuk melepas dan mengganti barang-barang semacam itu karena kemungkinan jamur tidak dapat dihilangkan tanpa merusak bahan atau menyebabkan masalah lebih lanjut.

Membersihkan area yang terkena dampak
Gosok area yang terkena dengan air sabun. Isi ember dengan air hangat, dan tambahkan 2 sendok makan sabun cuci piring cair. Kocok sabun di dalam air untuk membuat busa. Celupkan sikat berbulu kaku ke dalam air sabun dan gosok permukaan berjamur dengan sikat tersebut. Celupkan kembali kuas secara teratur dan gosok sampai area tersebut dipenuhi busa. Bilas area tersebut dengan air.

Jamur hitam adalah musuh manusia yang berbahaya, apalagi untuk kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengatasi dan mencegah munculnya jamur hitam agar kesehatan Anda dan keluarga tidak terganggu.

Berita Terkait