Cara Mengajak Teman dan Keluarga yang Ragu Agar Mau Mendapat Vaksin COVID-19

01 Agustus 2021 21:04 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Cara Mengajak Teman dan Keluarga yang Ragu Agar Mau Mendapat Vaksin COVID-19 (Ist)

JAKARTA - Pandemi COVID-19 kini masih melanda berbagai wilayah di Tanah Air.

Selain menggunakan masker dan menjaga jarak, kita juga dianjurkan untuk mendapatkan vaksin COVID-19 agar terhindar dan lebih kebal terhadap paparan virus COVID-19.

Akan tetapi, hal tersebut bukan merupakan hal yang mudah.

Pasalnya, banyak hoax yang beredar yang menyebutkan bahwa vaksin COVID-19 tidak aman, sehingga membuat banyak orang termasuk teman dan keluarga kita menjadi ragu untuk mau mendapatkan vaksin COVID-19.

Padahal, jika vaksinasi COVID-19 sudah merata, kita ikut membantu melindungi orang lain, dan mencegah terkena atau mengalami gejala COVID-19 berat.

Ternyata, orang-orang yang ragu untuk mendapatkan vaksin COVID-19 tidak hanya dialami oleh orang Indonesia saja.

Hal ini karena seperti yang dikutip dari Healthline, vaksinasi juga telah melambat di Amerika Serikat dengan sekitar 68 persen dari populasi orang dewasa divaksinasi bagian.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk memerangi keragu-raguan untuk mau divaksin adalah dengan berbagi informasi yang dikumpulkan para ilmuwan dan dokter tentang vaksin, untuk membantu menghilangkan mitos umum yang beredar.

Selain itu, para pakar medis mengatakan penting untuk berbicara dengan belas kasih ketika berbicara dengan orang lain yang mungkin ragu untuk mendapatkan vaksin COVID-19.

Anda juga harus selalu menghormati kekhawatiran mereka dan memahami bahwa keraguan mereka valid, lalu mencoba membantu mereka mengatasi keraguan tersebut dengan membuat mereka cukup nyaman untuk memutuskan mau divaksin.

Berita Terkait