Cara Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living yang Kini Sedang Tren

04 Agustus 2021 21:05 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Cara Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living yang Kini Sedang Tren

JAKARTA - Akhir-akhir ini, istilah frugal living sering diperbincangkan. Gaya hidup frugal living bahkan juga diterapkan oleh para miliarder seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg.

Frugal living sendiri merupakan sebuah gaya hidup hemat. Akan tetapi, hidup hemat bukan tentang menjadi pelit atau membeli semua benda yang serba murah. Akan tetapi, frugal living ini cenderung membuat kita lebih bijak untuk mengatur keuangan, serta berbelanja dengan tanggung jawab.

Untuk Anda yang ingin memulai gaya hidup frugal living seperti Marck Zuckerberg dan Bill Gates, cobalah cara berikut ini.

1. Buat Anggaran
Tinjau anggaran yang Anda buat dan sesuaikan kategorinya. Potong biaya untuk kategori tertentu jika memungkinkan. Ini adalah langkah nomor satu untuk memahami anggaran Anda dan menemukan peluang untuk menyesuaikan pengeluaran Anda.

2. Berhemat Saat Berbelanja
Ada banyak cara berbeda untuk menghemat dan bahkan menghasilkan uang saat berbelanja, seperti menggunakan kupon atau cashback yang dapat ditransfer ke uang tunai.

3. Beli Benda Tertentu yang Anda Butuhkan dan Mampu Membelinya
Sangat menggoda untuk memiliki mobil baru dan sangat bagus, rumah yang lebih besar atau pakaian yang mewah. Jika Anda mampu membelinya, itu bagus. Jika tidak, maka belilah hanya barang-barang yang Anda mampu. Jika tidak, maka hal tersebut hanya akan membuat Anda stres.

4. Berbelanja Secara Bertanggung Jawab
Cobalah untuk membeli barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan. Tahukah Anda bahwa 30% dari keranjang belanja adalah hal-hal yang kita ambil secara impulsif dan sebenarnya tidak kita butuhkan? Oleh karena itu, pastikan untuk tetap berbelanja benda-benda yang hanya Anda butuhkan atau yang ada di daftar belanjaanmu.

5. Atur Makanan yang Dikonsumsi Sehari-hari
Buatlah rencana makan selama sebulan penuh.  Jika Anda bisa memasak di rumah dan menyiapkan bekal untuk makan siang, maka hal tersebut akan menghemat banyak uang daripada harus beli makan dari luar.

6. Berhenti Minum Air Kemasan
Air minum kemasan biasanya harganya lebih mahal. Selain itu, botol plastik tersebut akan dibuang ke tempat sampah yang dapat memperburuk kondisi lingungan.

7. Seduh Kopi Sendiri di Rumah
Membeli kopi di luar dan berkumpul bersama teman di kafe memang menyenangkan. Akan tetapi, hal tersebut membuat kondisi keuanganmu terancam. Oleh karena itu, sebaiknya cobalah untuk menyeduh kopi sendiri di rumah agar keuanganmu lebih stabil.

Berita Terkait