Cara Hidup Enak Meski Gaji Pas-Pasan? Simak Tips Berikut

30 Agustus 2021 10:30 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Anov

Ilustrasi uang rupiah di bank / Shutterstock

JAKARTA- Gaji pas-pasan kadang menimbulkan keluhan. Mulai dari ebutuhan yang tidak tercukupi hingga ketidakmampuan membeli sesuatu yang di luar budget. 

Namun tahukah kamu bahwa rupanya kita tetap bisa berkecukupan walaupun gaji masih pas-pasan?

Berikut 5 tips, yang gak ada salahnya kamu coba praktikkan.

1. Biasakan menyisihkan uang untuk ditabung

Walaupun gaji yang diterima tiap bulannya masih jauh dari kata besar, tapi jangan ragu menyisihkannya sedikit untuk ditabung. Memang hasilnya gak langsung terlihat saat itu juga, tapi setidaknya kamu sudah berupaya untuk menyiapkan dana darurat.

Maklum, dengan penghasilan yang minimalis, jika suatu ketika kamu memerlukan uang lebih, harus ada tabungan yang bisa diandalkan. Ingat peribahasa, sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit! Percayalah, tabunganmu ini bakal sangat bermanfaat.

2. Penuhi kebutuhan dulu, daripada memaksakan diri membeli barang yang gak perlu

Setiap kali terima gaji, jangan buru-buru kegirangan ingin membelanjakannya. Usahakan untuk mengerem nafsumu sendiri. Caranya, tulis rincian kebutuhan pokokmu itu apa saja. Nah, penuhi dulu tanggung jawabmu itu.

Memang sayang, sudah kerja keras kok rasanya seperti gak pernah menikmati hasilnya, ya? Mau bagaimana lagi, namanya juga gaji masih pas-pasan. Daripada kamu maksa membeli ini dan itu dengan alasan self-reward, lebih baik coba bersikap bijak, ya.

Toh, nanti kalau ada sisa kamu bisa gunakan uang itu untuk mentraktir dirimu sendiri, kok. Paling penting setelahnya tidak ada lagi penyesalan karena uang habis gak jelas.

3. Sebisa mungkin hindari berutang

Jika pendapatanmu masih minimalis begini, sebisa mungkin jangan terlibat dengan utang-piutang, deh. Meskipun menurutmu jumlahnya tidak seberapa. Misalnya, kebiasaan membeli barang secara online dan dibayar bulan depan atau menggunakan cicilan. Takutnya, itu bikin ketagihan dan jadi kebiasaan.

Kamu tak tahu, nantinya bakal ada kebutuhan mendesak apa tidak. Kalau uangmu pas-pasan sekaligus punya banyak utang, bisa-bisa saat jatuh tempo, kamu gak punya apa-apa lagi. Malah jadi masalah baru, kan?

4. Jika punya cukup tabungan, jangan ragu untuk berinvestasi

Setelah tabungan yang kamu miliki sudah terkumpul banyak, gak ada salahnya jika sebagian digunakan untuk berinvestasi, lho. Seperti membeli emas murni atau mengajukan KPR.

Soal emas, gak perlu membeli yang terlalu mahal, secukupnya uang saja. Begitu pula dengan rumah, asal lokasinya strategis dan masuk sama budget-nya, kenapa tidak?

Memang gak bisa dirasakan manfaatnya sekarang juga, tapi sepuluh tahun lagi investasimu itu bakal menghasilkan juga, kok. Rumah jika tidak ditempati bisa disewakan. Harga emas juga semakin tahun akan semakin tinggi. Bisa jadi tambahan dana pensiun juga, kan?

5. Tidak ada salahnya memikirkan untuk menambah 'kran' penghasilan

Jangan puas berada di zona nyaman. Merasa pekerjaanmu yang sekarang terbilang mudah, kamu jadi takut kehilangan posisi ini. Meskipun gak pernah ada kenaikan gaji. Padahal tiap tahun kebutuhanmu bakal kian meningkat, lho. Masa iya, mau berhenti di sini terus?

Gak harus melepaskan pekerjaan yang sekarang, kok. Kamu bisa mencoba membuka 'kran' penghasilan lain dengan cara menambah pekerjaan. Bukan berarti punya dua kantor, ya. Tapi bisa juga dari hobi. Jualan online atau jadi penulis freelance, misalnya. Hasilnya lumayan, lho buat pemasukan tambahan.

Tak selamanya punya gaji pas-pasan bikin hidupmu jadi nelangsa. Kamu tetap bisa merasa berkecukupan, asal bisa mengelola pendapatan dengan tepat dan mau memaksimalkan diri. Semoga tips di atas dapat memberimu ide yang bermanfaat, ya. 

Tulisan ini telah tayang di sijori.id dan kabarsiger.com oleh Pungki pada 29 Aug 2021 

Berita Terkait